Yogyakarta (ANTARA News) - PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Adisutjipto Yogyakarta dalam kaitan Hari Raya Nyepi mulai Senin malam hingga Selasa (16/3) membatalkan seluruh penerbangan tujuan Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

"Pembatalan tersebut untuk menghormati perayaan Hari Raya Nyepi yang mulai berlangsung malam ini pukul 00.00 WIB," kata Manajer Operasional PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Adisutjipto Yogyakarta Halendra, Senin.

Ia mengatakan penerbangan tujuan Denpasar untuk Senin siang hingga sore hari ini semuanya diberangkatkan, sedangkan untuk keberangkatan Selasa (16/3) ada empat penerbangan dan semuanya dibatalkan. Penerbangan akan dibuka lagi pada Rabu (17/3).

Empat penerbangan tujuan Denpasar yang dibatalkan pada Selasa (16/3) adalah dua penerbangan pesawat Garuda pada pukul 13.00 WIB dan 19.50 WIB, Lion Air pada pukul 19.20 WIB dan Mandala pada pukul 19.00 WIB.

"Dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta hanya empat penerbangan tersebut yang dibatalkan, sedangkan penerbangan dari Yogyakarta ke berbagai kota di Indonesia tidak ada perubahan dan normal seperti biasanya," katanya.

Staf Marketing PT Garuda Indonesia di Yogyakarta, Pratitis Mubita Aji mengatakan, pesawat Garuda tujuan Yogyakarta-Denpasar sengaja dibatalkan penerbangannya karena tuntuk menghormati perayaan Hari Raya Nyepi.

"Hanya ada dua penerbangan Garuda yang dibatalkan untuk tujuan Yogyakarta-Bali. Yang lainnya masih normal. Sedangkan sembilan penerbangan pesawat Garuda dengan tujuan Yogyakarta-Jakarta tetap beroperasi seperti biasanya," katanya.

Ia mengatakan, setiap hari libur tingkat okupansi kursi pesawat mencapai 100 persen untuk berbagai tujuan, sementara pada hari biasa hanya mencapai sekitar 80 persen.

"Untuk libur Nyepi hampir semua kursi telah terjual maupun dipesan, hanya yang tujuannya Denpasar saja yang tidak kami jual karena memang penerbangannya di batalkan," katanya.
(U.V001/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010