Ridwan Kamil sebut Depok sudah tidak lagi zona merah COVID-19

Ridwan Kamil sebut Depok sudah tidak lagi zona merah COVID-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA/Foto: Feru Lantara)

hari ini Kota Depok sudah tidak lagi berada di zona merah tapi sudah berwarna oranye
Depok (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan perkembangan COVID-19 di Kota Depok yang sudah tidak termasuk zona merah lagi tetapi sudah zona oranye.

Hal tersebut berdasarkan data.covid19.go.id, Status risiko Kota Depok per 11 Oktober 2020 berwarna oranye atau sudah keluar dari zona merah.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Depok mencapai 3.843 orang

"Kabar baik, hari ini Kota Depok sudah tidak lagi berada di zona merah tapi sudah berwarna oranye. Mudah-mudahan ke depannya, tidak terpeleset lagi ke zona merah," kata Ridwan Kamil di Depok, Selasa.

Karena itu, Ridwan Kamil meminta peran serta pemangku kepentingan bersama warga Depok bahu membahu melawan penyebaran COVID-19.

Ia mengatakan bagi elemen masyarakat bisa berkontribusi dengan mengampanyekan protokol kesehatan di lingkungan masing-masing.

Baca juga: Direktur Vokasi UI: Pandemi COVID-19 tuntut perubahan pola hidup

Kang Emil begitu Ridwan Kamil biasa disapa menyoroti aspek klaster keluarga yang angka penularannya cukup tinggi. Karena itu, dia mengimbau warga yang terkonfirmasi positif tanpa gejala berkenan untuk diisolasi di rumah sakit atau fasilitas negara lainnya yang sudah ditetapkan.

"Dengan cara begini kasus klaster keluarga bisa ditekan atau dikurangi," kata Kang Emil.

Baca juga: Gubernur Jabar bantu alat kesehatan untuk Kota Depok

Ia juga menjelaskan mengenai kebijakan perekonomian yang diterapkan bisa berubah-ubah. Tergantung situasi dan kondisi penyebaran COVID-19 di Kota Depok.

"Keputusan kami berdasarkan data, apalagi kondisi penyebaran COVID-19 juga masih fluktuatif. Karena itu, kebijakan mengenai peningkatan ekonomi juga harus selaras dengan aspek kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Pemberian vaksin anti-COVID-19 di Kota Bogor maju sekitar November

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sebanyak 8000 personel TNI-Polri dan Pemprov Jabar amankan pilkada

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar