Orlando, Florida (ANTARA News) - Tiger Woods menyatakan Selasa ia akan tampil lagi dalam pertandingan penuh emosi pada turnamen Master bulandepan, setelah lima bulan menghilang karena skandal seks yang menghancurkan citranya sebagai pegolf nomor satu dunia.

Woods mengatakan dalam pernyataannya, ia akan tampil lagi dalam olah raga yang didominasinya dalam waktu lama, pada turnamen kondang di Augusta National Golf Club, yang tidak ada anggota wanitanya, dan merupakan awal turnamen besar pada tahun ini, yang dimulai 8 April 2010, sebagaimana dikutip dari AFP. 

"Setelah lama tidak tampil karena butuh waktu untuk tidak bertanding dulu, saya kira kini tiba saatnya untuk memulai pertandingan di Augusta," kata Woods dalam lamannya.

"Turnamen Masters merupakan turnamen yang pertama saya menangi dan saya menaruh rasa hormat tinggi pada turnamen ini," katanya.

Setelah kehidupan pribadinya diungkap berkesinambungan selama ini menyangkut skandalnya dengan beberapa wanita, Woods tampil lagi di tempat di mana ia pernah meraih empat gelar juara, dimulai pada 1997 saat ia meraih gelar pertama dalam turnamen besar.

"Kejuaraan besar selalu menjadi fokus khusus dalam karir saya dan sebagai pemain profesional, saya kira Augusta merupakan tempat yang saya butuhkan, walau pun saya bermain hanya beberapa kali di tempat itu," kata Woods.

Woods tidak bermain dalam turnamen sejak memenangi Australian Masters pada 15 November, yang merupakan kemenangannya yang ke-82 dalam karir pro dan sebagai yang ke-14 dalam turnamen besar, terpaut empat dari rekor menakjubkan yang dibuat Jack Nicklaus (18).

Woods memutuskan tidak bermain pada turnamen lain sebagai pemanasan menjelang turnamen Master, melewati peluangnya untuk mempertahankan gelar di Arnold Palmer Invitational, event yang tidak pernah dilewatinya selama ini.

"Ketika saya dalam posisi untuk memikirkan mengikuti lagi pertandingan, maka saya putuskan turnamen Masters merupakan turnamen awal yang saya mulai," kata Woods.

Woods, yang memiliki gelar PGA 71 kali dan menempati urutan ketiga setelah rekor Sam Snead 82 dan Nicklaus 73, menyatakan ia tidak akan mempertahankan gelar Palmer sebelum memutuskan kelanjutkan kiprahnya di turnamen Masters.

"Saya kira Tiger sedang menentukan pilihannya. Berat baginya untuk memutuskan dan menentukan pilihan dan ia butuh waktu," kata Palmer dalam Golf Channel.

"Ia tahu akan yang harus dilakukannya dalam hidupnya dan saya kira kita harus menghormati keputusannya itu," katanya.

Kecelakaan mobil pada 27 November di dekat rumah Woods merupakan awal dari skandal dunia itu, yang menyebabkan ia harus berpikir lebih dewasa dan harus berhenti sesaat dari turnamen karena butuh waktu untuk menenangkan pikirannya.

"Saya selama hampir dua bulan menjalani terapi dan kini saya meneruskan penyembuhan saya," kata Woods, "Walau pun saya kembali ke lapangan pertandingan, masih ada sedikit yang harus saya lakukan dalam kehidupan pribadi saya."

Woods kelihatannya sudah melakukannya dengan baik. Foto di halaman depan New York Post Selasa menunjukkan ia dan istrinya Elin, mantan model, berjalan bersama di rumah mereka, dan itu merupakan foto pertama setelah terjadi skandal itu.

Pasangan selebriti itu memiliki dua anak kecil.

Semua orang yang terlibat dengan Woods terutama dari sisi dagang dan pemasukan uang, amat takjub dengan tampilnya lagi pemain golf itu.

"Kami gembira mengetahui Tiger Woods akan tampil lagi bermain dalam turnamen Masters dalam beberapa minggu ini," kata Komisioner PGA AS Tim Finchem.

"Ia sudah menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan kelanjutan hidupnya, baik secara pribadi mau pun secara profesional, sebelum ia tampil lagi. Kami mengharapkan ia dan keluarganya dalam situasi yang amat baik," katanya.

Kalangan petaruh (bookmaker) Inggris William Hill membuat angka bagi Woods 4-1 untuk memenangi turnamen Masters dan hal ini membangun atmosfer kelanjutan karir Woods dengan baik.

"Kami mendukung keputusan Tiger untuk kembali bertanding pada turnamen Masters tahun ini," kata Ketua Augusta National Golf Club Billy Payne.

"Sebagai tambahan, kami mendukung dan memberanikannya agar ia melanjutkan komitmennya dalam membangun kembali kehidupan pribadi dan profesionalnya," katanya.

Setelah lebih dari selusin wanita menyatakan tersangkut dengan kehidupan seksual Woods, ia kehilangan pegangan dan banyak sponsor yang menarik diri, yang sebelumnya membuatnya sebagai olahragawan pertama yang dijuluki dengan atlet semilyar dolar.

Gatorade, Accenture dan AT&T yang menolak mensponsori Woods lagi, walaupun Nike belum menentukan sikap bagi pegolf itu, merupakan perusahaan yang sudah mengikat kontrak dengan atlet itu sejak ia beralih profesional pada 1996.

"Kami menunggu kembalinya lagi Tiger ke turnamen Master dan akan melanjutkan pekerjaan kami dengannya," demikian pernyataan Nike.

Dalam beberapa minggu ini, Woods kelihatan mulai berlatih dengan pelatihnya dan ia kelihatan sudah pulih baik secara fisik mau pun mental yang menderanya selama ini.

"Kami butuh ia tampil lagi di sini," kata Rocco Mediate, yang kehilangan Woods dalam playoff AS Terbuka 2008.

"Kami tidak ingin ia jatuh terlalu dalam, kami membutuhkannya seperti juga dia dibutuhkan banyak orang," katanya.(A008/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010