"Si jago merah" ludeskan enam rumah di Bener Meriah-Aceh

"Si jago merah" ludeskan enam rumah di Bener Meriah-Aceh

Petugas sedang berupaya memadamkan api di Kampung Mutiara Bertona, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Jumat (16/10/2020). (FOTO ANTARA/HO-BPBD Bener Meriah

Peristiwa kebakaran di dua desa, yakni Mutiara Bertona lima unit rumah di antaranya terjadi pukul 10.30 WIB, dan Pondok Keramat satu unit rumah sekitar pukul 16.30 WIB di Bener Meriah,
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan sebanyak enam unit rumah warga ludes akibat dilalap "si jago merah" dalam musibah kebakaran hebat yang terjadi di dua kampung (desa), Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Jumat.

"Peristiwa kebakaran di dua desa, yakni Mutiara Bertona lima unit rumah di antaranya terjadi pukul 10.30 WIB, dan Pondok Keramat satu unit rumah sekitar pukul 16.30 WIB di Bener Meriah," kata Kepala Pelaksana BPBA, Sunawardi di Banda Aceh, Jumat (16/10) 2020.

Ia menjelaskan kelima rumah terbakar tersebut masing-masing ditempati oleh Banta Cut (70), Munarti (28), Amin (43), Bambang Sutoyo (41), dan Misriadi (45) yang mayoritas mereka sedang bekerja di kebun kopi.

Berdasarkan informasi dari warga setempat, lanjut dia, mulanya api yang membakar kelima petak rumah itu berasal dari rumah Banta Cut, selaku pemilik empat kontrakan yang akhirnya merembet ke rumah sewanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah mendapat informasi kebakaran langsung mengerahkan lima unit armada untuk melakukan upaya pemadaman ke lokasi kejadian, yang dibantu oleh TNI/Polri, dan warga setempat.

"Tak berapa lama setelah lima armada diterjunkan, api pun padam. Tidak ada korban jiwa atas kejadian ini, namun kelima keluarga harus mengungsi ke musholla di desa untuk sementara waktu," katanya

Sedangkan kebakaran satu unit rumah berkonstruksi kayu atas nama pemilik rumah yang terbakar Saharuddin (34), di Kampung Pondok Keramat, Kecamatan Bandar.

Tim pemadam BPBD Bener Meriah mengerahkan satu armada untuk melakukan upaya pemadaman ke lokasi kejadian di bantu oleh TNI/Polri dan warga setempat.

"Api sudah berhasil dipadamkan. Akibat kejadian ini, satu rumah mengalami rusak sedang. Tidak ada korban jiwa maupun pengungsi dari peristiwa ini," katanya.

Terkait dua lokasi yang terbakar, terutama untuk penyebab masih dalam tahap penyelidikan pihak berwajib, demikian Sunawardi.

Baca juga: Remaja tewas dalam kebakaran rumah ditinggal mudik di Bener Meriah

Baca juga: BPBD: Enam hektare lahan terbakar di Bener Meriah-Aceh

Baca juga: BPBD Bener Meriah dan RAFI bagikan 7.000 masker

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Belasan rumah di Asrama Polisi Segara Balikpapan terbakar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar