London (ANTARA News/AFP) - Harga minyak melambung kembali di atas 81 dolar pada Senin, karena mata uang AS melemah terhadap euro.

Kontrak utama New York,minyak mentah light sweet untuk pengiriman April, naik 42 sen menjadi 81,10 dolar per barel.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Mei juga naik 42 sen menjadi mencapai 80,30 dolar per barel pada akhir perdagangan London.

Harga minyak telah jatuh di bawah 80 dolar pada awal Senin karena dolar menguat, kata para pedagang.

Unit AS yang lebih kuat membuat minyak mentah dengan denominasi dolar lebih mahal untuk pembeli yang menggunakan mata uang lebih lemah dan karena itu cenderung mengurangi permintaan dan harga minyak.

Tetapi sebaliknya, cenderung menguat ketika dolar melemah terhadap para pesaingnya.

Euro naik terhadap dolar di akhir transaksi Eropa pada Senin meskipun ketidakpastian atas hasil dari krisis keuangan publik Yunani meluas yang telah mengguncang keyakinan di Eropa secara keseluruhan.

Dalam perdagangan di London sore hari, mata uang tunggal Eropa naik menjadi 1,3561 dolar dibandingkan dengan 1,3530 dolar akhir Jumat.

Sebelumnya pada awal Senin, dolar telah jatuh ke 1,3496 dolar - level terendah sejak awal Maret - karena pemimpin Eropa datang di bawah tekanan untuk menyelesaikan krisis Yunani pada pertemuan puncak di Brussel akhir pekan ini.

Pedagang menghubungkan perputaran untuk menunjukkan positif pada pasar saham AS setelah DPR menyetujui reformasi RUU perawatan.

Sementara pedagang energi mengikuti peristiwa di Jenewa, di mana para menteri terkemuka OPEC, Senin memperingatkan terhadap spekulasi keuangan di pasar minyak, dipicu oleh pemulihan ekonomi yang tidak menentu dan tiba-tiba booming permintaan negara-negara berkembang.

Presiden Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan menteri dari Qatar dan Uni Emirat Arab mengatakan bahwa mereka berjuang untuk harga yang stabil dan optimal dalam bangun dari volatilitas yang dipicu oleh krisis keuangan global.

Presiden OPEC dan Menteri Sumberdaya Ekuador Germanico Pinto mengatakan dalam konferensi PBB di Jenewa, meskipun pasar minyak telah pindah ke "lebih realistis dan harga minyak stabil", tekanan untuk "ekstrim" tetap.

"Peningkatan aktivitas spekulatif telah menyebabkan akut dan fluktuasi harga yang berlebihan dan pasar telah didorong oleh faktor-faktor yang sama sekali tidak berkaitan dengan penawaran dan permintaan," kata Pinto.

"Sangat penting bahwa harga dibenarkan oleh fundamental pasar," ia menambahkan.

Harga minyak jatuh dari rekor tertinggi hampir 150 dolar per barel pada Juli 2008 sampai di bawah 40 dolar dalam waktu beberapa bulan dengan terjadinya krisis keuangan, sebelum kembali memperoleh kembali beberapa kerugiannya ke level saat ini.

Pusat Studi Energi Global pada Senin menyatakan bahwa permintaan minyak global tampaknya berada di jalan menuju pemulihan penuh.

Dalam laporan bulanan terakhirnya, kelompok yang berbasis di London itu mengatakan permintaan minyak "bisa saja telah kembali ke tingkat yang tercapai selama 2007, mbatasan utama kemunduran ekonomi global." (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010