Liga Belanda

Ajax pesta gol 5-1 lawan Heerenveen sekaligus kudeta puncak

Ajax pesta gol 5-1 lawan Heerenveen sekaligus kudeta puncak

Ilustrasi: penyerang muda Ajax Antony Matheus (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya selepas mencetak gol ke gawang Vitesse Arnhem dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Sabtu (26/9/2020) waktu setempat. ANTARA/AFP/ANP/Olaf Kraak/aa.

Jakarta (ANTARA) - Ajax berpesta gol saat melawan Heerenveen 5-1 dalam laga pekan kelima Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Johan Cruijff, Minggu, sekaligus mengudeta puncak klasemen dari tangan Feyenoord.

Dusan Tadic menyumbangkan dua gol diiringi gol dari Mohammed Kudus, Davy Klaassen, dan Anthony. Sementara satu gol hiburan Heerenven dicetak Henk Veerman, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Raihan tiga poin itu membuat Ajax memimpin klasemen sementara dengan raihan 12 poin, ditempel ketat oleh Vitesse yang memiliki poin sama usai menang dari ADO Den Haag dalam laga yang berbarengan. Adapun Heerenven tertahan di posisi enam dengan 10 poin.

Baca juga: Feyenoord diimbangi Sparta 1-1 dalam derbi Rotterdam

Sejak awal laga Ajax tampil dominan, sejumlah peluang langsung diciptakan Daley Blind dan kawan-kawan.

Dusan Tadic membuka keunggulan Ajax saat waktu baru berjalan empat menit. Sepakan melengkungnya dari dalam kotak penalti sulit dijangkau kiper Heerenveen.

Gol kedua Tadic tercipta melalui titik putih pada menit ke-28. Berawal dari umpan silang Tadic di sisi kiri, bola terlihat menyentuh tangan Sherel Floranus. Wasit sempat berkonsultasi melalui VAR untuk memastikan ada pelanggaran.

Dua menit menunggu, wasit langsung menunjuk titik putih dan Tadic yang bertindak sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan peluang emas tersebut.

Butuh hanya tujuh menit bagi Ajax untuk memperlebar keunggulan. Kali ini giliran Mohammed Kudus yang mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan mendatar dari sisi kanan mematikan langkah kiper Heerenveen.

Baca juga: Twente ambil alih puncak klasemen usai pecundangi Willem II 3-0

Pada babak kedua, penyerang tim tamu Henk Veerman sempat memperkecil kedudukan berkat sontekannya, menerima umpan matang Mitchell van Bergen untuk mengelabui kiper Andre Onana.

Alih-alih terus mengejar ketertinggalan, Heerenveen malah kembali diganjar penalti setelah Rodney Kongolo terlihat menjatuhkan Lassina Traore. Davy Klaassen sukses mengonversinya menjadi gol.

Tiga menit jelang waktu normal berakhir, penyerang muda Ajax Anthony menyudahi laga dengan kedudukan 5-1 setelah sepakan melengkung di dalam kotak penalti tak bisa dijangkau kiper.

Sementara dalam pertandingan yang berjalan bersamaan, Vitesse menyudahi perlawanan tuan rumah ADO Den Haag 2-0 meski mereka harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-45.

Armando Broja mencetak dua gol kemenangan Vitesse atas ADO. Dengan hasil ini Vitesse menempel ketat Ajax di puncak klasemen setelah mengumpulkan poin sama yakni 12. Akan tetapi mereka kalah produktivitas gol.

Baca juga: Mario Goetze berlabuh di PSV

Baca juga: Venlo curi poin di kandang AZ berkat dua gol menit akhir

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar