Yogyakarta (ANTARA News) - Banyak pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki kadar kolesterol tinggi akibat pola makan yang tidak tepat dan kurang berolahraga.

"Kondisi itu jika tidak diatasi akan berakumulasi dan menyebabkan menurunnya derajat kebugaran, bahkan kesehatan yang bersangkutan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Tri Harjun Ismaji di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia dalam sambutan yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda DIY Tavip Agus Rayanto pada pembukaan turnamen sepak bola antarinstansi Pemprov DIY Cup I/2010, frekuensi pekerjaan PNS yang padat sering menyebabkan kurangnya waktu untuk melakukan olahraga.

"Oleh karena itu, kami menyambut baik digelarnya turnamen sepak bola antarinstansi, dengan harapan akan memacu semangat berolahraga bagi PNS yang mempunyai kegemaran pada cabang olahraga ini," katanya.

Ia mengatakan dalam turnamen tersebut, kalah atau menang bukan yang utama, tetapi yang penting menjaga keakraban, komunikasi, kerja sama, dan kekompakan dalam tim.

"Melalui turnamen sepak bola selain dapat menjadi ajang silaturahmi, juga untuk mengetahui potensi pemain sepak bola di lingkungan Pemprov DIY. Dengan demikian, ke depan dapat diselenggarakan kegiatan serupa untuk lingkup yang lebih luas," katanya.

Ketua panitia penyelenggara Pemprov DIY Cup I Sigit Saptorahardjo mengatakan turnamen yang berlangsung selama tujuh hari ini diikuti delapan tim, yaitu Bappeda, Sekretariat Dewan, Sekretariat Provinsi, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, serta Bakeslinmas.

"Turnamen ini bertujuan meningkatkan silaturahmi sesama PNS di lingkungan Pemprov DIY. Rencananya akan diselenggarakan setiap tahun, dan diharapkan menjadi embrio kegiatan serupa dari cabang olahraga lain," katanya. (B015/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010