Formula 1

Grosjean, Magnussen tinggalkan Haas di akhir musim

Grosjean, Magnussen tinggalkan Haas di akhir musim

Pebalap tim Haas Romain Grosjean dan Kevin Magnussen di Grand Prix Spanyol. (13/8/2020) REUTERS/Albert Gea/File Photo

Jakarta (ANTARA) - Haas akan memiliki susunan pebalap baru untuk musim 2021 setelah Romain Grosjean dan Kevin Magnussen mengungkapkan mereka bakal meninggalkan tim asal Amerika Serikat itu pada akhir musim ini.

Kedua pebalap pada Kamis mengunggah pesan di media sosial soal keputusan mereka.

Pebalap Prancis Grosjean telah bersama Haas sejak 2016, menjadi tandem Esteban Gutierrez. Keduanya membawa tim itu finis peringkat delapan konstruktor.

Magnussen, yang menjalani debut F1 bersama McLaren pada 2014, menggantikan sang pebalap Meksiko di tahun berikutnya . Pebalap Denmark itu dan Grosjean mampu mendongkrak posisi tim ke peringkat lima konstruktor pada 2018.

Baca juga: Hamilton dan Mercedes bisa pecahkan rekor di Portugal
Baca juga: Statistik Grand Prix F1 Portugal


"Kami memiliki banyak kenangan bagus bersama, khususnya musim 2018 kami ketika kami finis kelima di klasemen hanya dalam musim ketiga kami. Romain dan Kevin memainkan peran yang penting dalam kesuksesan itu," kata bos tim Haas Guenther Stenier seperti dikutip Reuters.

Magnussen mengatakan dalam cuitannya ia masih memikirkan rencananya ke depan dan ingin menyelesaikan enam balapan yang tersisa musim ini dengan baik.

"Musim 2020 akan menjadi yang terakhir bagiku dengan Haas F1 Team. Aku memiliki waktu yang luar biasa dengan tim selama empat tahun dan aku melihat perjalanan hebat itu. Menjadi bagian dari tim baru telah menjadi tantangan yang aku nikmati sepenuhnya dan ini telah memberiku pengalaman yang sangat besar yang telah membantuku tumbuh dan berkembang sebagai seorang pebalap," kata Magnussen.

Sedangkan Grosjean berpesan, "babak terakhir ditutup dan buku ini selesai," sembari mendoakan yang terbaik untuk tim di masa depan.

Dua tahun belakangan menjadi musim yang berat bagi Haas ketika raihan poin mereka semakin menipis, dan di musim yang terdampak pandemi sekarang, Haas baru dua kali finis dengan poin.

Mereka dan sembilan konstruktor lainnya telah menandatangani Concorde Agreement yang memastikan tetap berkompetisi di F1 setidaknya untuk lima tahun ke depan.

Belum ketahuan siapa yang akan menjadi pengganti Grosjean dan Magnussen, namun rumor yang berkembang mengatakan dua bangku itu akan ditempati pebalap junior Ferrari.

Baca juga: Uji mobil Renault di Barcelona, Alonso siap untuk awal baru di F1
Baca juga: Abu Dhabi kesempatan terakhir debut latihan Schumacher di F1

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar