Pagaralam, Sumsel (ANTARA News) - Sekitar 22 personel Polres Kota Pagaralam, Sumatera Selatan disiagakan untuk pengamanan sekitar 18 lokasi SMP/MTs yang menjadi penyelenggara Ujian Nasional (UN) di daerahnya.

"Pada setiap sekolah disiagakan satu hingga dua orang anggota polisi dari Polres Pagaralam, untuk menjaga sekitar 18 SMP dengan jumlah siswa 2.223 orang yang mengikuti UN," kata Kabid SD,SMP dan SMU Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Pagaralam, Drs Marjohan MM, di Pagaralam, Minggu.

Dia menyatakan, pengamanan sudah dilakukan sejak proses pengiriman soal hingga proses pendistribusian di berbagai sekolah tempat penyelenggara UN tahun 2010 ini.

"Jumlah SMP/MTS ada sekitar 18 sekolah, dengan personel polisi disiagakan di Subrayon 4 orang dan 18 orang di setiap sekolah," kata dia lagi.

Sebelumnya, sebanyak 1.452 siswa Sekolah Menegah Atas (SMA) sederajat di Kota Pagaralam mengikuti UN yang berlangsung 22-26 Maret, disusul UN tingkat SMP/MTs mulai Senin (29/3).

Kepala Diknas, Pemuda dan Olaraga Pagaralam, Drs H Akmaludin, mengatakan, pelaksanaan UN serentak di Kota Pagaralam, baik untuk SMA/SMK/MA dan SMP/MTs negeri dan swasta.

Soal ujian sudah didistribusikan sejak Sabtu (27/3), dengan jumlah sekolah yang mengikuti ujian ini 18 SMP negeri dan 4 Subrayon.

"Kami sudah menginstruksikan kepada setiap sekolah untuk meningkatkan persiapan sejak jauh hari, agar siswa dapat mengerjakan soal dalam ujian ini, termasuk meningkatkan belajar tambahan yang disesuaikan dengan kisi-kisi kelulusan yang berlaku," ujar dia.

Setelah siswa selesai mengikuti UN selama empat hari, baru akan dilanjutkan ujian lokal selama empat hari.

Sedangkan untuk pengumuman hasil ujian, akan dilakukan pada minggu ke tiga bulan Mei 2010 mendatang, kata dia lagi.

Ada pun mata pelajaran yang diujikan setelah UN, yaitu agama, PPKN dan sejarah.

"Nantinya pengumuman akan dilakukan secara serentak dan kami akan undang orang tua siswa untuk mengambil bukti pengumuman kelulusan," kata dia pula. (U005*B014/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010