New York (ANTARA News/Reuters) - Harga minyak dunia naik hampir tiga persen pada Senin waktu setempat, terangkat oleh dolar yang melemah, optimisme terbaru ekonomi dan penyesuaian buku akhir kuartal.

Indeks dollar jatuh terhadap satu keranjang mata uang, membantu meningkatkan harga komoditas, termasuk minyak.

Sumber perdagangan melaporkan pembelian akhir kuartal dan akhir-bulan menjelang liburan akhir pekan Paskah dan beberapa mengatakan mungkin menjadi beberapa yang mengangkat harga minyak dari kekhawatiran tentang pengeboman bunuh diri di metro Moskow.

"Ledakan di Rusia bersama dengan melemahnya dolar dan penyesuaian buku akhir kuartal dan window-dressing di Wall Street menjadi faktor pendorong kenaikan," kata Stephen Schork, presiden Schork Group di Villanova, Pennsylvania.

Minyak mentah AS jenis light sweet untuk pengiriman Mei naik 2,17 dolar atau 2,71 persen menjadi menetap di 82,17 dolar per barel, mengakhiri tiga sesi penurunan berturut-turut dan diperdagangkan setinggi 82,78 dolar, harga minyak mentah tertinggi sejak 17 Maret.

Minyak mentah Brent North Sea, London, untuk pengiriman Mei naik 1,88 dolar menjadi menetap di 81,17 dolar per barel.

Euro menguat terhadap dolar karena Yunani yang terlilit utang menjual obligasi tujuh tahun setelah kesepakatan zona euro pekan lalu tentang bantuan keuangan darurat untuk Yunani.

Penguatan data ekonomi AS dan Eropa dan meningkatnya indikator Asia membantu mengangkat pasar ekuitas. Sentimen ekonomi zona euro meningkat lebih dari yang diperkirakan pada Maret.

Pengeluaran konsumen AS naik seperti yang diharapkan pada Februari untuk kelima bulan berturut-turut, tapi pendapatan stagnan mendorong tabungan ke tingkat terendah mereka sejak Oktober 2008.

Saham AS ditutup lebih tinggi pada Senin karena penerbitan obligasi negara Yunani dan saham energi membantu memicu kenaikan.

"Seperti yang sering terjadi ketika harga melonjak lebih dari satu beberapa persentase poin, beberapa faktor dikombinasikan untuk menyalakan masuknya modal spekulatif ke sisi panjang," Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch & Associates, mengatakan dalam sebuah catatan.

Pasar AS Jumat mengamati laporan pekerjaan, dengan ekonom meramalkan perekonomian menciptakan sekitar 190.000 pekerjaan pada Maret.


Sentimen Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi tahunan China akan mencapai 12 persen kuartal ini, kata peneliti pemerintah, karena para ekonom mengangkat perkiraan pertumbuhan untuk pengguna bahan bakar terbesar kedua dunia setelah pertumbuhan keluaran industri yang kuat bulan lalu.

Penjualan ritel Jepang melompat paling kuat dalam 13 tahun di tahun hingga Februari akibat pengaruh stimulus pemerintah yang masih, sementara transaksi berjalan Korea Selatan saat ini berayun kembali ke surplus Februari karena ekspor yang cerah.

Setelah diperdagangkan harian di atas 80 dolar untuk masa 27 sesi perdagangan, beberapa pedagang mengatakan harga minyak tampaknya siap untuk keluar dari tingkat saat ini.

Namun, dengan fundamental permintaan minyak mentah terus berbenturan dengan data makroekonomi yang positif, kata para analis harga bisa berjuang untuk keluar di atas batas 84 dolar - dengan puncak minyak mentah AS dari Januari 2010 pada 83,95 dolar per barel.

Harga minyak bisa berada dalam kisaran 70 dolar sampai 80 dolar pada dekade mendatang, menurut sebuah laporan yang dirilis OPEC jelang konferensi utama minyak minggu ini.

Arab Saudi ingin mempertahankan harga di kisaran 70 dolar hingga 80 dolar, dan sebagian besar anggota OPEC lainnya merasa nyaman dengan tingkat ini, seorang yang akrab dengan kebijakan Saudi mengatakan Senin.

Para pejabat energi terkemuka dan eksekutif perusahaan minyak dari 64 negara bertemu di Cancun, Meksiko, minggu ini untuk Forum Energi Internasional dua kali setahun. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010