Yogyakarta (ANTARA News) - Walikota Yogyakarta Herry Zudianto "ditodong" oleh seorang siswa sekolah dasar (SD) untuk berhenti merokok tepat pada perayaan ulang tahun ke-55 pemimpin pemerintahan Kota Yogyakarta itu.

Indika Prasetyani Putri, siswa kelas empat SD Tegalrejo I, membisikkan harapannya kepada Herry setelah mengalungkan dua lembar kain batik motif jumputan hasil karyanya kepada sang walikot.

"Saya diminta berhenti merokok. Luar biasa pesan kamu. Insyaallah akan dilakukan dan terimakasih," kata Herry.

Puluhan murid SD hingga SMA, beserta sejumlah guru, sengaja datang ke Balai Kota Yogyakarta untuk mengucapkan ucapan selamat ulang tahun kepada walikota.

Begitu mengetahui pesan Indika, mereka spontan menyambutnya dengan tepuk tangan untuk mendukung harapan Indika agar pemimpin kotanya itu menghentikan kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan tersebut.

Herry dikenal tidak bisa melepaskan kebiasaan merokok yang diakuinya sendiri sulit dihilangkan karena sudah terbiasa merokok sejak muda. "Harus punya semangat dan cita-cita untuk berhenti merokok," lanjutnya.

Selain mendapatkan todongan tersebut, sejumlah murid yang datang ke Balai Kota tersebut juga memberikan berbagai macam kado kepada Herry diantaranya adalah rangkaian bunga, lukisan dan juga wayang dengan sosok Arjuna.

"Saya sangat bahagia pada hari ini dan bersyukur karena banyak cinta yang diberikan kepada saya. Rasanya `nyes`," kata Herry seraya berharap bisa terus mengemban amanah rakyatnya. (*)
ANT/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010