Batu (ANTARA News) - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Saifullah Yusuf, Jumat, membuka "Indonesia Offroad Competition" (IOC) 2010 atau kompetisi "off road" tingkat nasional yang digelar di Cuban Talun, Kota Batu, Jawa Timur.

Kompetisi itu diikuti 75 peserta dari berbagai kota di Indonesia, seperti Yogyakarta, Jakarta, Kalimantan, Surabaya, dan Bali.

Dalam sambutanya, Wagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan tujuan IOC adalah memberikan wadah bagi pencinta olahraga "off road" di Indonesia, agar tertarik berkompetisi di Jawa Timur.

"Kompetisi ini kami rencanakan akan menjadi event tahunan, supaya geliat olahraga `off road` di Jatim semakin berkibar," ujarnya.

IOC 2010 akan memperebutkan piala bergilir IOC dan piala tetap Gubernur Jatim, sedangkan untuk juara pertama dan kedua akan sama-sama mendapatkan satu kendaraan off road 4x4, namun juara ketiga hingga sepuluh akan mendapatkan sepeda motor dan hadiah lainnya.

Tujuan lain kompetisi adalah meningkatkan potensi daya tarik wisata di Jawa Timur sesuai dengan tema kegiatan yakni "Melalui Indonesia Offroad Competition 2010, kita sukseskan wisata adventure dan tahun kunjungan wisata di Jawa Timur."

Kompetisi yang digelar selama tiga hari (2-4 April) akan dimarakkan dengan beberapa kegiatan, seperti pemberian bantuan sembako 200 paket, penanaman pohon produktif seperti nangka, belimbing dan mahoni sebanyak 200 bibit, serta pemeriksaan atau pengobatan mata bagi masyarakat kurang mampu di wilayah Kawasan Wisata Cuban Talun, Kota Batu.

"Kami harapkan dengan acara seperti itu akan mendorong peserta untuk mencintai lingkungannya," kata Gus Ipul. (E011/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010