Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melakukan kunjungan kerja selama empat hari ke Hanoi, Vietnam, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-16 ASEAN.

Juru Bicara Kepresidenan Bidang Luar Negeri Dino Pati Djalal dalam konferensi pers di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa, menjelaskan Presiden akan bertolak ke Hanoi pada Rabu 7 April 2010 dan baru kembali ke tanah air pada Sabtu 10 April 2010.

Selama di Hanoi, Kepala Negara yang akan didampingi oleh Ani Yudhoyono akan menghadiri Asean Parliamentary Assembly, retreat sepuluh kepala negara ASEAN, pembukaan dan penutupan KTT ke-16 ASEAN.

KTT ke-16 ASEAN di Hanoi merupakan pertemuan pemimpin sepuluh negara Asia Tenggara bertema "Towards ASEAN Community from Region."

Pada konferensi tingkat tinggi itu, pemimpin negara ASEAN akan membicarakan peta jalan menuju terwujudnya komunitas ASEAN pada 2014 serta tantangan global lainnya seperti perubahan iklim.

Selain itu, para kepala negara ASEAN juga akan mendatangani sejumlah dokumen di antaranya pernyataan bersama ASEAN tentang Perubahan iklim dan komunitas ASEAN.

Dalam keterangan pers, Dino juga menjelaskan, Presiden telah mendelegasikan Wakil Presiden Boediono untuk menghadiri seminar tentang nuklir di Washington DC, Amerika Serikat, yang dituanrumahi oleh Presiden AS Barrack Obama.

Setelah itu, Wapres Boediono juga ditugasi Presiden untuk menghadiri acara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Millenium Development Goals (MDG).(D013*G003/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010