AsiaNet 86355

Baise, China, 29 Oktober 2020 (Antara/Xinhua-AsiaNet)- Guangxi Baise baru-baru ini menggelar Konferensi Promosi Zona Pengembangan Kunci dan Pembukaan Percontohan Baise di Guangxi (Shenzhen) dan Upacara Penandatanganan Investasi Proyek "Greater Bay Area Enterprise Settlement in Baise" di Shenzhen. Sebanyak 39 proyek berhasil ditandatangani dengan total investasi 39,653 miliar yuan, demikian Departemen Publisitas Kotamadya Baise. 

Pada Maret 2020, Dewan Negara China menyetujui pembentukan Zona Pengembangan Kunci dan Pembukaan Percontohan Baise di Guangxi. Pada tanggal 15 April, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China mengeluarkan Rencana Pelaksanaan untuk Zona Pengembangan Kunci dan Pembukaan Percontohan Baise di Guangxi. Sebagai zona pengembangan kunci dan pembukaan percontohan perbatasan wilayah penuh kedelapan di China dan zona percontohan tingkat prefektur pertama di negara tersebut, pembangunan Zona Percontohan Baise telah menarik banyak perhatian.

Zona Percontohan Baise mencakup seluruh area perkotaan Baise, dengan total area 36.300 kilometer persegi dan total populasi 4.226.800 jiwa. Ini akan mendirikan dua pelabuhan perbatasan nasional (Longbang dan Pingmeng) dan tujuh zona perdagangan bersama penduduk perbatasan (tempat) seperti Yuexu. Zona percontohan tersebut akan membangun pola pembangunan skala penuh dan terbuka "tiga zona dan satu poros", yaitu: zona terdepan terbuka, zona pengembangan kunci, zona pengembangan hijau, dan poros pengembangan hubungan.

Zona terdepan terbuka terutama mencakup ketiga kabupaten perbatasan (kota) Jingxi, Napo, dan Debao, di mana bertujuan untuk membangun platform terbuka seperti zona kerjasama ekonomi lintas batas dan zona berikat komprehensif untuk menciptakan klaster industri berorientasi ekspor. Zona pengembangan kunci terutama mencakup Distrik Youjiang, Distrik Tianyang, Kabupaten Tiandong, dan Kota Pingguo, dengan fokus pada pengembangan karakteristik dan pertanian yang menguntungkan, integrasi batu bara, listrik dan aluminium, pembuatan mesin, biomedis, bahan baru, perdagangan, dan logistik. Zona pengembangan hijau terutama mencakup lima kabupaten: Lingyun, Leye, Tianlin, Longlin, dan Xilin, dengan fokus mempromosikan pembangunan sabuk perawatan kesehatan umur panjang di Guangxi barat, taman kerja sama lintas provinsi, dan zona demonstrasi pertanian karakteristik modern. Poros pengembangan hubungan mengambil Jalan Tol Chongqing-Guiyang-Baise dan jalur kereta api yang menghubungkan dengan Vietnam sebagai saluran utamanya, yang secara aktif berpartisipasi dalam pembangunan saluran laut-darat China barat yang baru, dan berupaya untuk membangun poros pengembangan hubungan berkualitas tinggi yang mengintegrasikan saluran dan industri.

Baise telah membentuk kelompok kerja khusus untuk pengaturan Zona Percontohan Baise, dan akan mengadopsi metode kerja "operasi berbasis bagan dinding", "manajemen daftar", "kemajuan yang dirotasi", dan "tanggung jawab yang ditunjuk" untuk memajukan pembangunan zona percontohan tersebut. Dengan adanya organisasi internal dan kondisi eksternal, pembangunan Zona Percontohan Baise siap untuk kemajuan berskala penuh.

Sumber: Departemen Publisitas Kotamadya Baise

Tautan Lampiran Gambar:

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020