London (ANTARA News/AFP) - Harga minyak di perdagangan London melonjak di atas 87 dolar pada Selasa, mencapai tertinggi baru 18-bulan di tengah memuncaknya optimisme tentang pemulihan ekonomi global, kata analis.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Mei, melonjak ke 87,09 dolar -- merupakan level tertinggi sejak 9 Oktober 2008. Harga kemudian berdiri di 86,75 dolar, naik 13 sen.

Minyak mentah Brent North Sea, London untuk penyerahan Mei, naik 19 sen menjadi 86,07 dolar, sempat mencapai setinggi 86,63 dolar.

"Harga minyak mentah terus naik," kata analis pada Sucden Financial Research dalam sebuah catatan kepada kliennya.

Pasar "bangkit untuk menanggapi berbagai faktor termasuk data ekonomi yang baik serta sentimen positif bagi komoditas dan sumber daya energi," mereka menambahkan.

Minyak naik tajam pada Senin dibalut data ekonomi positif yang menunjukkan sebuah bangunan pemulihan ekonomi AS dari resesi terburuk dalam dekade.

Lebih kuat dari yang diperkirakan data sektor perumahan dan jasa mengikuti peningkatan angka pekerjaan pada Jumat, mendorong ekspektasi permintaan energi yang lebih tinggi.

Pada Senin, Institute of Supply Management mengatakan indeks non-manufaktur naik menjadi 55,4 persen pada Maret, pertumbuhan bulan ketiga berturut-turut.

Sebagian besar analis memperkirakan apa yang disebut indeks pembelian manajer akan mendaftar 54 persen.

Ada juga kabar baik di sektor perumahan bermasalah AS, pusat gempa krisis keuangan yang mendorong perekonomian global ke dalam resesi terburuk dalam beberapa dekade.

Penjualan "pending home" (rumah yang pengurusannya belum selesai) melonjak 8,2 persen pada Februari, kata National Association of Realtors.

Kenaikan panjang (rally) pada Senin mengikuti keuntungan minggu lalu karena investor bertaruh pada prospek permintaan yang lebih baik di tengah tanda-tanda penguatan pemulihan ekonomi, kata analis.

Sebelum akhir pekan, Departemen Tenaga Kerja AS pada Jumat mengatakan 162.000 pekerjaan diciptakan pada Maret, angka tertinggi dalam tiga tahun.

"Tingkat kepercayaan pedagang meningkat setelah rilis angka gaji non-pertanian Jumat," kata analis ODL Markets.

"Selera risiko sekarang naik, karena pedagang merasakan bahwa data ekonomi menunjukkan bahwa ekonomi AS dalam perjalanan kembali ke kesehatan yang baik.

"Sebanyak 162.000 pekerjaan diciptakan bulan lalu, jumlah positif kedua

sejak tahun 2007. Sementara ini tidak banyak dibandingkan dengan delapan juta pekerjaan yang hilang selama periode itu, menunjukkan bahwa perekonomian sudah berubah." (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010