London (ANTARA News/AFP) - Euro turun tajam pada Selasa, jatuh di bawah tingkat 1,34 dolar dalam menghadapi kebingungan atas sikap Yunani pada jaring pengaman Uni Eropa-IMF yang merusak kepercayaan di zona euro.

Para dealer mengatakan, bahwa Athena ingin salah satu dari dua, menyingkirkan atau mengubah rencana darurat Uni Eropa-Dana Moneter Internasional bulan lalu, untuk membantu keluar dari krisis utang di pasar yang belum mapan yang telah mengharapkan kesepakatan akan menstabilkan sentimen.

Euro juga terhalangi oleh ketakutan terus-menerus masalah utang anggota zona euro lainnya, terutama Portugal, Spanyol dan Irlandia bisa - seperti Yunani - mengalami kesulitan dana di pasar obligasi.

Selain itu, data ekonomi AS yang kuat mendukung dolar, berbalik naik terhadap euro dan zona euro, di mana pemulihan ekonomi ini terbukti sulit.

Mata uang tunggal Eropa dalam perdagangan akhir Selasa berada di 1,3376 dolar, turun dari 1,3485 dolar akhir Senin di New York.

Dolar berada di 93,80 yen terhadap 94,36 yen pada Senin.

Ketidakpastian sekitar niat Yunani juga terasa pada pasar obligasi, di mana yield (imbal hasil) obligasi 10-tahun Yunani melonjak menjadi 6,976 persen dari 6,529 persen pada Kamis, hari terakhir perdagangan sebelum libur Paskah.

Perbedaan antara acuan obligasi 10-tahun Jerman dan obligasi Yunani melebar menjadi 3,91 persen, ini level tertinggi sejak akhir Januari, dari 3,42 poin pada Kamis.

Departemen Keuangan Yunani bergegas untuk menghilangkan kesan bahwa negara itu mungkin ingin untuk memotong IMF dan kondisi pinjaman yang ketat, menegaskan Yunani "tidak pernah mengambil tindakan" untuk merubah persyaratan kesepakatan.

"Perjanjian (UE-IMF) adalah penting bagi Eropa dan Yunani seperti menentukan kondisi-kondisi di mana sebuah negara dapat didukung dengan kondisi spesifik sejenisnya," kata Menteri Keuangan Yunani George Papaconstantinou.

Tetapi kerusakan telah terjadi dan biaya pinjaman Yunani memuncak.

Gelombang kecemasan baru datang menjelang perkiraan kedatangan ahli IMF di Athena pada Rabu, karena Yunani mencoba mendesak untuk meminjam dalam jumlah besar untuk membayar tagihannya.

Meskipun sumber Yunani bersikeras bahwa misi IMF hanya untuk menawarkan nasihat pada pengelolaan anggaran Yunani yang lumpuh oleh utang, ada kegelisahan memuncak di pasar keuangan tentang apakah negara dapat membayar utang jatuh tempo.

Sementara itu, pound Inggris tergelincir setelah Perdana Menteri Gordon Brown menyatakan bahwa bangsa ini akan menuju ke tempat pemungutan suara dalam waktu tepat satu bulan.

Konfirmasi tanggal memicu bulan kampanye sengit di mana Partai

Buruh kiri-tengah Brown akan bertempur dengan Partai Konservatif tengah-kanan David Cameron, yang saat ini unggul dalam jajak pendapat.

Di Frankfurt, Kamis ini, Bank Sentral Eropa (ECB) menyelenggarakan pertemuan kebijakan moneter selanjutnya, diperkirakan akan kembali dibayangi oleh kekacauan di Yunani.

Gubernur ECB akan berkumpul untuk pertama kalinya sejak pemimpin Uni Eropa setuju untuk menerima potensi bantuan IMF untuk Yunani walaupun ada keberatan kuat oleh bank.

Di London pada Selasa, euro berada pada 1,3376 dolar terhadap 1,3485 dolar pada hari Senin, pada 125,47 yen (127,26), 0,8785 pound (0,8815) dan 1,4320 franc Swiss (1,4320).

Dolar berdiri pada 93,80 yen (94,36) dan 1,0706 franc Swiss (1,0618). Pound berada pada 1,5227 dolar (1,5294).

Di London Bullion Market, harga emas naik ke 1.132,75 dolar ons dari 1.123,50 dolar per ons pada Kamis.  (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010