Augusta, Georgia (ANTARA News) - Tiger Woods membuat kejutan pada awal permainannya setelah hampir lima bulan absen dalam turnamen sedangan pemain veteran Tom Watson sementara berada di puncak raihan angka pada turnamen golf Masters Amerika, Kamis.

Pemain nomor satu dunia Woods, yang baru keluar dari tempat persembunyiannya dan disambut hangat di Augusta National, membuat "eagle" pada par-lima kedelapan dan birdi pada lubang kesembilan untuk membuat tiga-di bawah-par 33, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Ketika pemain kondang yang sudah memenangi 14 turnamen besar (major) itu melakukan hal mengesankan, Watson yang berusia 60 tahun membuat kejutan ketika melakukan lima-di bawah-par 67 untuk membagi tempat dengan rekan senegaranya dari Amerika Phil Mickelson, pemain dari Inggris Lee Westwood dan pegolf Korea Selatan Yang Yong-eun.

Pemain Amerika Anthony Kim membuat birdi pada tiga lubang akhir untuk menciptakan angka 68 dan rekannya David Toms membuat bogey ke- 18 untuk angka total 69.

Fokus utama penonton pada permainan itu adalah juara empat kali Woods, sejak ia memukul bola pertama kali hingga akhir permainannya yang masih tetap menarik.

Kendati tidak bermain sejak memenangi Master Australia pada 15 November, menyusul kecelakaan yang membuka masalah kehidupan pribadi keluarganya, ia membuat angka pada dua lubang pertama sebelum memukul dari jarak lima kaki untuk mendapatkan birdie ketiga.

Ia membuat bogey ketujuh setelah memukul agak kasar ke bagian kiri tetapi membalasnya dengan baik pada lubang kedelapan lewat pukulan amat mengesankan.

Woods, yang mendapat sambutan hangat setiap ia memukul pada tiap lubang, beberapa kali mengangkat kepalan lengannya ke udara untuk menandakan keberhasilannya.

Ia kemudian membuat birdie kedua hari itu pada lubang kesembilan pada pukulan berjarak sekitar 10 kaki. Di bawah sinar matahari, Woods bertanding dengan tenang dalam permainan yang digambarkan media sebagai pertandingan yang disaksikan penonton terbanyak sepanjang hari dalam turnamen golf Amerika.

Di saat pemain Amerika itu disangsikan gejolak emosinya dalam pertandingan hari pertama itu, ia malah mengumbar senyum dan berjabat tangan dengan mitra bermainnya KJ Choi dari Korea Selatan serta Matt Kuchar dari Amerika, pada "tee" pertama.

Ofisial pertandingan mengawali pertandingan dengan pengumuman," Pada titik pemukulan, Tiger Woods", disambut tepuk tangan bergemuruh dari pendukungnya yang memenuhi beberapa sisi lapangan di klub golf Augusta.

Ada pula suara-suara "Go Tiger" berkumandang serta tepuk tangan yang tidak putus-putusnya bagi pegolf nomor satu itu.

Ketika Woods sudah memulai permainan awal saat angin berhembus keras, pegolf delapan kali juara turnamen besar Watson bermain pula dengan gaya amat mengesankan.

Pegolf berusia 60 tahun itu, yang kerap memenangi berbagai turnamen sebelum kalah pada playoff Inggris Terbuka 2009, membuat birdie pada pukulan berjarak lima kaki.

Ia pun memukul udara dengan tinjunya karena gembira atas keberhasilannya membuat keunggulan dua pukulan atas Toms sebelum dikejar Westwood, Mickelson dan Yang.

"Saya melakukan apa yang saya inginkan hari ini. Saya melewati semua lubang dengan baik dan ini amat bagus karena dilakukan di Augusta National," kata Watson kepada wartawan.

"Saya sebetulnya berpikir berbeda sebelum tampil dalam turnamen ini. Saya merasakan turnamen ini terlalu besar setelah saya dapat melewatinya dengan baik dalam empat lima tahun lalu," katanya.

"Hari ini, mungkin tahun terakhir bagi saya, dapat saya lalui dengan melakukan apa yang seharusnya saya lakukan," katanya.(A008/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010