Sentani (ANTARA News) - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,. Azrul Azwar, mengatakan, Pramuka sebagai organisasi pendidikan perlu revitalisasi.

"Akhir-akhir ini Pramuka kurang diminati, untuk itu kita perlu menghidupkan kembali semua kegiatan Pramuka," katanya kepada wartawan seusai meresmikan Gedung Pramuka Kwartir 2919 Keerom, di Arso ibukota Kabupaten Keerom, Minggu.

Ia mengatakan, sesuai dengan anjuran Presiden Republik Indonesia (RI), Susilo Bambang Yudhoyono, agar Pramuka melakukan revitalisasi bahwa semua kegiatan kepramukaan agar dihidupkan kembali, maka seluruh kegiatan Pramuka akan dihidupkan kembali.

Untuk menarik semua anggotanya kembali ikut serta didalam gerakan Pramuka terutama generasi muda Indonesia.

Menurutnya, di organisasi Pramuka cukup banyak kegiatan yang dilakukan, baik berupa kegiatan keagamaan, pembinaan mental, keterampilan.

Ia mengatakan, kesemuanya ini bisa menjadi bekal bagi anggotanya, sehingga mampu hidup mandiri, menciptakan usaha ekonomi, mewujudkan lapangan kerja paling tidak bagi dirinya sendiri dan menciptakan anggotanya yang bermartabat.

"Diharapkan kepada semua Kwarda agar menghidupkan dan meningkatkan kembali semua kegiatan Pramuka sampai di tingkat bawah," ujarnya

Di tempat yang sama Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Daerah Provinsi Papua Alex Hesegem, mengharapkan kepada Kwarcab Kabupaten Keerom agar memanfaatkan dengan baik gedung Pramuka Kwarcab 2919 yang baru diresmikan itu.

Sebagai tempat pembinaan generasi muda pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya yang ada di Kabupaten Keerom, menjadi manusia Indonesia yang bermartabat, sopan santun dengan program yang teratur dan berkesinambungan.

Dengan harapan melahirkan anak Indonesia yang berjiwa sehat, berjiwa Pancasilais, partiotik, dan berjiwa pendidik didalam semua aktifitasnya.

"Mendidik pemimpin, anak bangsa yang mempunyai ilmu sopan santun didalam hidup berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah di Pramuka," katanya

Pada acara peresmian gedung Pramuka dirangkaikan dengan penganugrahan tanda penghargaan lencana Melati Nomor 2615 Gerakan Pramuka kepada Bupati Kabupaten Keerom Drs. Celsius Watae, dan Lencana Darma Bakti Gerakan Pramuka kepada Kariman, S.Pd, oleh Kwarnas Azrul Aswar.
(T.KR-HLM/I006/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010