Moskow (ANTARA News/Itar-Tass-OANA) - Jasad para pejabat Polandia, yang meninggal dalam kecelakaan pesawat Tu-154 di dekat kawasan Smolensk pada Sabtu pagi, tiba di Moskow.

"Satu helikopter Kementerian Situasi Darurat Rusia mendarat di pelabuhan udara Domodedovo pukul 22.54 waktu Moskow. Helikopetr itu membawa sejumlah jasad korban yang tewas dalam jatuhnya pesawat dekat Smolensk," kata juru bicara kementerian itu Irina Andrianova.

Helikopter kedua dari kementerian itu juga membawa sejumlah jasad.

Sebelumnya kementerian itu menyatakan pihaknya telah menyiapkan tim penyelamat dan ahli forensik. Pemeriksaan foresik dan prosedur identifikasi akan dilakukan di kamar mayat di Moskow.

Segalanya sudah dipersiapkan untuk keperluan para keluarga dan orang-orang yang akan mendampingi delegasi Polandia, katanya.

Sementara itu anggota keluarga korban tewas yang berada dalam pesawat Presiden Lech Kaczynski yang jatuh di kawasan Smolensk pada Sabtu pagi mulai berdatangan di Moskow Sabtu malam.

"Wakil dari pemerintah Moskow, para pakar dan ahli ilmu jiwa dari Kementerian Situasi Darurat Rusia dan Kementerian Kesehatan Pengembangan Sosial bekerja di Moskow," kata Andrianova kepada Itar-Tass.

Menurut dia, para ahli ilmu jiwa juga akan bekerja di hotel-hotel tempat para anggota keluarga korban akan tinggal.

Pesawat Tu-154 yang membawa Presiden Lech Kaczynski jatuh di luar kota Pechersk, kawasan Smolensk, sekitar pukul 10.50 waktu Moskow Sabtu. Tak ada yang selamat dalam kecelakaan tersebut. Pesawat itu membawa delegasi pejabat Polandia, termasuk Presiden Kaczynski dan istrinya yang sedianya akan mengikuti satu upacara di Katyn.

Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengumumkan 12 April sebagai hari berkabung bagi presiden Polandia di Rusia.

Hari berkabung selama sepekan diumumkan di Polandia.

Perdana Menteri Polandia Donald Tusk tiba di Smolensk pada Sabtu malam. Rekan sejabatnya dari Rusia Vladimir Putin bertemu dia dekat posko darurat yang terletak beberapa ratus meter dari tempat jatuhnya pesawat itu.

Keduanya memeriksa tempat jatuhnya pesawat itu.

Putin mengatakan kepada para rekannya dari Polandia kejadian-kejadian beberapa jam sebelum pesawat Presiden Kaczynski hilang dari radar.

Putin dan Tusk meletakkan karangan bunga di rerongsokan pesawat Tu-154.

Tusk berlutut saat ia meletakkan karangan bunga. Setelah itu kedua perdana menteri itu yang berbicara dalam bahasa Rusia berangkulan dan pergi ke tempat tim penyelamat terus berkerja kendati hari menjelang malam.

Setelah memberikan penghormatana kepada korban yang meninggal dalam kecelakaan itu, Putin dan Tusk menuju posko tempat ia mengadakan pertemuan bilateral. Lalu para menteri Rusia memberitahu Tusk tentang investigasi, proseddur identifikasi dan kegiatan berkabung.
(Uu.M016/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010