Ambon (ANTARA News) - Rumah tinggal warga (home Stay) yang dipersiapkan untuk mendukung kegiatan internasional Sail Banda dijadwalkan penyelenggaraan Juli - Agustus 2010 diminati warga Ambon.

"Sedikitnya 75 warga telah mendaftarkan rumahnya untuk dijadikan home stay dalam rangka menyukseskan kegiatan bahari bertaraf internasional," kata Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Ambon, Jimmy Tohata, di Ambon, Rabu.

Tohata mengakui, pihaknya telah melakukan cek ulang di lima kecamatan. Saat ini sudah 75 warga yang bersedia menyewakan rumahnya sebagai home stay untuk menampung peserta Sail Banda.

Rumah-rumah tersebut tersebar di kecamatan Sirimau sebanyak 35 unit, 17 unit di Kecamatan Nusaniwe dan 12 unit di Baguala.

Selain itu, 11 warga Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng)  juga telah mendaftarkan rumahnya untuk dijadikan home stay.

"Desa Suli yang terletak di luar pusat Kota Ambon memang memiliki keunikan tersendiri, terutama keindahan panorama alam dan wisata pantainya yang menjanjikan bagi para wisatawan, sehingga dihimpun berdasarkan koordinasi dengan Pemkab Maluku Tengah untuk program home stay," ujar Tohata.

Syarat rumah warga yang akan dijadikan home stay yakni setiap kamar yang akan disewakan harus dilengkapi kamar mandi dan WC di dalamnya, kondisi rumah yang asri dan aman. Terpenting pemiliknya harus fasih menggunakan bahasa asing serta ramah-tamah.
(ANT/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010