Cegah kecelakaan, tanggul Kali Ciliwung di Senen ditinggikan

Cegah kecelakaan, tanggul Kali Ciliwung di Senen ditinggikan

Petugas dari Satpel SDA Senen mengerjakan proyek penambahan tinggi tanggul di Jalan Kramat, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (6/11/2020). (ANTARA/HO/Kominfotik Jakarta Pusat)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat meninggikan tanggul di Jalan Kramat IV dan VI kawasan Senen sebagai antisipasi kecelakaan kendaraan di area yang dekat dengan aliran Kali Ciliwung.

"Ini kita lakukan peninggian tanggul sebagai langkah pemenuhan kebutuhan masyarakat," kata Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Kecamatan Senen M. Rohman yang bertanggung jawab dalam proyek itu, Jumat.

Banyak warga yang melewati tanggul aliran Kali Ciliwung yang sudah ambrol it. Pada malam hari kerap ada kecelakaan pengendara motor masuk ke kali. "Jadinya tanggul kita ditinggikan," katanya.

Terdapat penambahan ketinggian sebesar 60 sentimeter untuk tanggul yang memiliki panjang 418 meter itu.

"Saat ini sudah 80 persen yang tergarap. Lebar tanggul yang dibangun sekitar 0,85 meter, ketinggiannya rata-rata dari atas permukaan jalan naik sekitar 60 sentimeter," ujar Rohman.

Baca juga: Kebon Pala terendam banjir 1,5 meter imbas luapan Kali Ciliwung
Baca juga: 170 kepala keluarga di Bidara Cina terdampak banjir luapan Ciliwung


Penambahan ketinggian tanggul yang berada tepat di belakang kantor Kecamatan Senen itu sudah dilakukan sejak pertengahan Juli 2020 dan diperkirakan rampung dalam dua minggu ke depan.

"Ini kita perkirakan selesai dua minggu lagi, nanti setelah pengerjaan bangunan selesai kita cat juga," ujar Rohman.

Selain mencegah kecelakaan di kawasan itu, penambahan ketinggian tanggul juga dilakukan untuk mencegah banjir di wilayah Senen.

Terkait pencegahan banjir, Pemkot Jakarta Pusat telah giat melakukan kerja bakti tiap minggunya untuk memastikan tak ada saluran air yang tersumbat di musim hujan.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Selasa Sore, Stasiun Gambir dan Pasar Senen kembali berangkatkan KA Jarak Jauh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar