Brasilia (ANTARA News/AFP) - Presiden China, Hu Jintao, tiba di Brasil, Rabu malam, untuk berpartisipasi dalam pertemuan bilateral dengan para pemimpin lain dari ekonomi-ekonomi yang sedang tumbuh pesat (emerging economies) dan KTT BRIC pada Jumat.

Dia menghadiri pertemuan dua hari di Brasilia. Hu terbang dari Washington, di mana ia telah ambil bagian dalam pertemuan puncak keamanan nuklir internasional. Seorang pejabat bandara Brasil mengkonfirmasi kedatangannya.

Pemimpin China akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan Presiden Rusia Dmitri Medvedev pada Kamis, menurut kedutaan China.

Pada Jumat, ia, Medvedev, Singh dan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva akan mengadakan pertemuan puncak kedua kalinya negara-negara BRIC - Brasil, Rusia, India dan China.

Setelah KKT tersebut, Hu mengadakan kunjungan resmi singkat ke Brasil, yang memiliki hubungan perdagangan dengan China senilai 36 miliar dolar.

Pada Sabtu, dia akan terbang ke Venezuela untuk bertemu dengan Presiden Hugo Chavez, dan pada Minggu ke Chili. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010