Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Wahyono, Kamis, mendatangi makam Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara.

Rombongan Gubernur DKI Jakarta dan Kapolda Metro Jaya tiba di lokasi pada pukul 15.30 WIB dan langsung memasuki areal pemakaman tokoh penyebar Islam di tanah Betawi itu.

Kedatangan rombongan gubernur tersebut, sempat disoraki massa yang masih kesal dengan perilaku Satpol PP yang mereka anggap telah bertindak anarkis terhadap warga yang mempertahankan kompleks pemakaman yang akan digusur itu.

Fauzi Bowo berjanji pihaknya akan memugar kompleks makam Habib Husen bin Muhammad Al Haddad atau Mbah Priok.

"Kami tidak akan membongkar makam tapi memugar dan melengkapi fasilitas makam," katanya.

Dia menyebutkan akses jalan bagi peziarah ke makam akan dibuat. "Pihak Pelindo sudah menyetujuinya," katanya.

Sementara itu, suasana areal pemakaman serta ruas jalan menuju terminal peti kemas Koja, dipenuhi oleh pengunjung yang hendak melihat langsung kondisi pasca kerusuhan pada Rabu (14/4).

Pengunjung rela berjalan perlahan-lahan menuju lokasi sembari mencium aroma yang dikeluarkan dari bangkai mobil yang dibakar oleh massa.

Sejumlah warga juga ada yang mempreteli bangkai mobil yang terbakar dalam aksi kerusuhan tersebut, bahkan mobil water canon milik Polri tidak luput dipreteli oleh warga.

(T.R021/A033/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010