Bishkek (ANTARA News/AFP) - Bekas menteri pertahanan Kyrgyzstan, sekutu utama mantan presiden negara itu Kurmambek Bakiyev, ditangkap Kamis oleh pemerintah sementara baru, media Kyrgyzstan melaporkan.

"Bekas menteri pertahanan Baktybek Kaliyev ditangkap di Kyrgyzstan selatan," kata Radio Azattyk, versi berbahasa Kyrgyzstan dari Radio Liberty/Radio Free Europe yang dibiayai-AS, tanpa menyebut sumbernya.

"Ia dituduh telah memberikan perintah tidak sah untuk menembak warga sipil tak bersenjata, yang menyebabkan kematian puluhan warga," ujarnya, merujuk pada demonstrasi hebat pekan lalu yang menggulingkan pemerintah Kyrgyzstan.

Pasukan pemerintah sementara baru telah melancarkan operasi khusus untuk menangkap saudara laki-laki presiden yang telah dijatuhkan dan juga Kaliyev, jelas menteri pertahanan pemerintah sementara Ismail Isakov.

"Operasi dimulai untuk menangkap saudara laki-laki Kurmambek Bakiyev, bekas kepala pengawal presiden Janysh Bakiyev, dan bekas menteri pertahanan Bakyt Kaliyev," kata Isakov pada Radio Azattyk.

"Mereka dituduh karena penembakan demonstran pada 7 April," ia menambahkan.

Laporan itu tiba ketika bekas presiden tersebut berangkat ke Kazakhstan yang berdekatan, sepekan setelah demonstrasi, yang menewaskan lebih dari 80 orang dan memaksa Bakiyev untuk melarikan diri ke kubu pertahanannya di bagian selatan wilayah itu. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010