Brussels (ANTARA News/Reuters) - Pelatih Belgia, Dick Advocaat, telah mengundurkan diri sebagai pelatih Belgia setelah hanya enam bulan melatih tim nasional negara tersebut, kata Persatuan Sepak Bola Belgia, Kamis.

Media Belgia dan Rusia melaporkan dalam beberapa pekan terakhir bahwa pelatih asal Belanda itu akan menggantikan rekan senegaranya, Guus Hiddink, sebagai pelatih Rusia.

FA Belgia mengatakan dalam pernyataan singkat bahwa pihaknya akan mencari penasihat hukum untuk menentukan tindakan apa yang akan diambil.

Advocaat (62) menjadi pelatih tim nasional Belgia pada awal Oktober tahun lalu, dengan tugas membawa tim negara itu lolos dari kualifikasi Euro 2012.

Belgia, yang penampilan terakhirnya di suatu kejuaraan besar adalah di Piala Dunia 2002, gagal lolos ke putaran final Piala Dunia di Afrika Selatan tahun ini.

Advocaat, yang mempunyai nama panggilan "Little General" (Jenderal Kecil), menjadi pelatih Belgia setelah melatih Zenit St Petersburg dan ia membawa klub tersebut menjuarai Piala UEFA 2008. Ia sebelumnya melatih Belanda, Korea Selatan, dan Persatuan Arab Emirat (UAE).

Media Belgia tahun lalu melaporkan bahwa pelatih asal Belanda tersebut berkeinginan pindah ke Belgia agar lebih dekat dengan keluarga dan teman-temannya dan ia akan berpendapatan 600.000 (818.400 dolar AS) setahun, suatu jumlah yang kemungkinan paling tinggi di sepak bola Federasi Rusia.

Advocaat sejak Desember juga menjadi pelatih juara Belanda, AZ Alkmaar. (S005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010