Bangkalan (ANTARA News) - Mantan Gubernur Jawa Timur, H.M. Noer (Pak Noer), rencananya akan dishalatkan di Masjid Agung Bangkalan, Madura, Sabtu (17/4), sebelum dikebumikan di makam keluarga di Sampang.

Kabag Humas dan Protokol Setda Bangkalan, Made Sundami, Jumat mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatunya dalam pelaksanaan sholat jenazah untuk sesepuh Madura itu.

"Rencananya, besok sekitar pukul 07:00 WIB pak Noer akan disholatkan di masjid Agung Bangkalan terlebih dulu, sebelum dibawa ke Sampang untuk dikebumikan disana," kata Made di Bangkalan, Jumat.

Made menjelaskan, acara penghormatan terakhir terhadap Pak Noer tersebut akan dihadiri sekitar ribuan warga Bangkalan. Mulai dari kalangan pejabat, ulama, dan masyarakat sekitar.

"Undanganya sudah kita sebar pada kalangan kiai, pejabat, dan masyarakat untuk menghadiri acara penghormatan terakhir pada Pak Noer," kata Made Sundami.

Disamping menyebarkan undangan, sambung Made, kini pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan bagian umum untuk persiapan yang lain, seperti pemasangan tenda di sekitar halaman masjid Agung.

"Kami berharap semua warga Bangkalan supaya hadir untuk menyolati almarhum di masjid Agung. Sebab, jasa-jasa beliau sangat banyak saat jadi pemimpin, salah satunya penggagas jembatan Suramadu," katanya.

Menurut Made, pihaknya berharap semoga semoga semua amal ibadah yang telah dilakukan oleh mantan Bupati Bangkalan tersebut bisa diterima di sisi Allah SWT.

Mantan Gubernur Jawa Timur H.M. Noer meninggal dunia dalam usia yang ke-92 di Rumah Sakit Darmo, Surabaya, Jumat pagi sekitar pukul 08.45 WIB.

Jenazah Gubernur Jatim periode 1967-1976 asal Sampang, Madura, yang pernah menjadi Duta Besar RI di Prancis itu kini disemayamkan di rumah duka Jalan Anwari Nomor 11 Surabaya.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010