London (ANTARA News) - Pasar saham Eropa menderita penurunan tajam pada Jumat, di tengah berita pihak berwenang AS telah menuduh perusahaan investasi Goldman Sachs melakukan penipuan dalam penjualan sekuritas mortagage (hipotek) yang rumit.

Di London acun indeks FTSE 100 jatuh 1,39 persen menjadi ditutup pada 5.743,96 poin, sementara di Paris indeks CAC 40 menyerah 1,94 persen menjadi berakhir pada 3.986,63.

Indeks DAX 30 Frankfurt kehilangan 1,76 persen menjadi ditutup pada 6.180,90 poin.

Di tempat lain ada penurunan 2,26 persen di Milan, 1,02 persen di Brussels, 2,29 persen di Madrid, 1,64 persen di Amsterdam dan 1,06 persen pada Indeks Pasar Swiss.

Di Wall Street Dow Jones Industrial Average telah menyusut 1,20 persen menjadi 11.010,88 pada pertengahan hari sedangkan teknologi Nasdaq turun 1,53 persen pada 2.477,13.

Sentimen pasar Eropa juga mendapat pukulan karena Yunani, biaya meminjamnya dari pasar swasta terus meningkat, bergerak lebih mendekati untuk meminta sebuah bailout (talangan).

Saham penerbangan mengalami tekanan berat dalam menghadapi gangguan operasional utama dan prospek kerugian besar karena awan abu vulkanik di Eslandia.

Tetapi penggerak utama pasar pada Jumat adalah Goldman Sachs.

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC- sejenis Bapepam-LK di Indonesia, red.) dalam sebuah gugatan perdata, menuduh Goldman "menipu investor dengan salah mengutarakan (misstating) dan mengabaikan fakta-fakta kunci tentang produk keuangan terkait dengan krisis subprime mortgage karena pasar perumahan AS mulai terhuyung-huyung."

Gugatan itu juga ditujukan kepada Fabrice Tourre, seorang wakil presiden di Goldman yang membantu membuat dan menjual yang disebut collateralized debt obligation (CDO) pada 2007 puncak krisis hipotek yang menjerumuskan negara itu ke dalam sebuah resesi brutal.

SEC mengatakan Goldman gagal mengungkapkan kepada investor informasi kunci tentang produk, khususnya peran hedge fund besar yang telah mengambil posisi spekulatif terhadap investasi.

"Produk ini baru dan kompleks, tapi penipuan dan konflik usang dan sederhana," kata Robert Khuzami, direktur divisi penegakan SEC dalam sebuah pernyataan.

"Goldman salah mengizinkan seorang klien yang bertaruh terhadap pasar hipotek yang sangat mempengaruhi sekuritas hipotek untuk memasukkannya dalam portofolio investasi, sementara investor lainnya mengatakan bahwa surat berharga yang dipilih oleh pihak ketiga yang independen objektif," katanya.

Di bank-bank Paris yang merugi pada Jumat, terdapat Credit Agricole melemah 3,47 persen, BNP Paribas 3,79 persen dan Societe Generale 2,78 persen.

Saham pertambangan menderita oleh penguatan dolar, yang mendorong biaya bahan baku bagi pemegang mata uang lemah. Xstrata kehilangan 4,37 persen dan Rio Tinto 3,87 persen.

Di sektor penerbangan, Air France-KLM jatuh 3,42 persen dan maskapai Jerman Lufthansa turun 4,10 persen.

Saham Asia ditutup melemah Jumat sebelumnya, di tengah kekhawatiran atas masalah utang Yunani dan dealer melakukan aksi ambil untung dari kenaikan baru-baru ini.

Tokyo berakhir 1,52 persen lebih rendah, Shanghai kehilangan 1,11 persen dan Hong Kong turun 1,32 persen. (ANT/A026)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010