Penjaringan calon Rektor USU periode 2021-2026 dimulai 10 November

Penjaringan calon Rektor USU periode 2021-2026 dimulai 10 November

Gedung Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Masa jabatan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu, SH. M.Hum akan berakhir pada tanggal 21 Januari 2021, untuk itu Perguruan Tinggi Negeri tersebut melaksanakan penjaringan dimulai tanggal 10 sampai dengan 24 November 2020.

"Panitia Penjaringan Calon Rektor USU Periode 2021-2026 mengundang masyarakat Indonesia yang memenuhi syarat untuk menjadi Rektor USU," ujar Ketua Panitia Penjaringan Rektor USU, Prof dr Guslihan Dasa Tjipta, Sp.A (K), dalam keterangannya diterima, di Medan, Senin.

Ia menyebutkan proses pemilihan akan dilakukan melalui 3 (tiga) tahapan yaitu Tahapan Penjaringan, Penyaringan dan Pemilihan.

Tahapan penjaringan dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai dengan 24 November 2020, meliputi kegiatan pendaftaran, pengembalian formulir, seleksi administrasi, pengumuman calon yang lulus administrasi, dan audisi. Tahapan penyaringan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2020, dan kegiatan ini dilaksanakan oleh Senat Akademik USU.

Baca juga: Mantan Rektor USU Prof H Chairuddin Panusunan Lubis wafat

Baca juga: Rektor USU Runtung Sitepu sembuh dari COVID-19


"Sedangkan tahapan pemilihan dilaksanakan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) USU dijadwalkan pada tanggal 3 Desember 2020," ucapnya.

Guslihan mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2014 pasal 29 ayat (2) dan ayat (3), persyaratan umum yang ditetapkan untuk menjadi calon Rektor USU, belum berusia 60 tahun pada saat dilantik menjadi rektor sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Selain itu, mampu melaksanakan perbuatan hukum, berkewarganegaraan sehat jasmani dan rohani.

Calon Rektor USU juga harus memiliki integritas, komitmen dan kepemimpinan yang tinggi, berwawasan luas mengenai pendidikan tinggi, tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana kejahatan dengan ancaman hukuman penjara paling singkat empat tahun, dan berpendidikan minimal Doktor (S-3).

"Diharapkan terpilih Rektor USU yang dapat membangun sinergi dengan semua pihak yang dapat menjadikan USU sebagai Perguruan Tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan Ilmu Pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global," katanya.*

Baca juga: Keluarga Rektor USU negatif COVID-19

Baca juga: Rektor USU isolasi mandiri dinyatakan positif COVID-19

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar