Semarang (ANTARA News) - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi penantangnya, Fernando David Saucedo, pada pertarungan perebutan gelar di Bali, 22 Mei 2010.

"Tentunya kami sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi Fernando mendatang," kata petinju dengan julukan The Dragon ketika dihubungi dari Semarang, Minggu.

Petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng, tersebut, mengatakan dirinya sudah mempelajari rekaman pertarungan calon lawannya dan sudah mengetahui gaya bertarung dari El Vasco (panggilan dari Fernando David Saicedo).

Menurut petinju yang sudah 12 kali mempertahankan gelar sejak merebutnya dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon di Bali 2003, Fernando merupakan petinju dengan gaya bertarung "boxer" murni, artinya yang bersangkutan tidak mengandalkan pukulan yang keras tetapi daya tahan tubuhnya.

"Dia mengandalkan teknik bertinju dengan pukulan yang tidak terlalu keras tetapi justru mengandalkan daya tahan tubuhnya. Mungkin karena ukuran tangannya panjang maka lebih mengandalkan teknik dengan pukulan yang tidak terlalu keras," katanya.

Ketika ditanya apakah target yang ingin dicapai melawan petinju Argentina tersebut, dia mengatakan dirinya menginginkan kemenangan saat pertarungan mendatang.

Menurut ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani), bertarung di Bali merupakan nilai tersendiri bagi dirinya.

Ia menjelaskan, dari sisi cuaca, dukungan penonton, makanan, dan lain sebagainya sudah merupakan nilai tersendiri bagi dirinya untuk menghadapi El Vasco.

Apakah ada keinginan untuk memukul KO lawannya, ia mengatakan akan dilihat dari ronde ke ronde. "Kalau memang ada kesempatan untuk memukul KO Fernando, tentunya akan dimanfaatkan sebaik mungkin," katanya.

Petinju yang terakhir mempertahankan gelarnya saat mengalahkan petinju Amerika Serikat, Rocky Juarez, melalui kemenangan angka tersebut, mengatakan bahwa usai melakukan latihan di Sasana Herry`s Gym di Perth, Australia, latihan akan dilanjutkan di Banyuwangi, Jatim.

"Saya berlatih di Sasana Mirah Silver Boxing Camp hingga menjelang pertarungan mendatang," katanya.

(U.H015/M028/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010