Solo (ANTARA News) - Hujan yang sertai angin kencang merobohkan pohon beringin yang berusia puluhan tahun di depan Pasar Klewer, di kawasan Alun-alun Utara Keraton Surakarta, Jawa Tengah, Minggu.

Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, pohon peringan yang berdiri di pinggir Jalan Dr.Radjiman di kawasan Alun-alun Utara Keraton Surakarta, roboh sekitar pukul 14.45 WIB.

Namun, robohnya pohon beringin ukuran besar tersebut tidak sampai menelan korban jiwa, tetapi ada sekitar enam pedagang makanan di sekitarnya hancur berantakan tertimpa pohon itu.

Selain itu, robohnya pohon itu, menyebabkan arus lalu lintas satu arah dari kawasan Alun-Alun Utara ke Singosaren macet total. Kendaraan dari arah alun-alun utara dialihkan melalui jalan depan Mesjid Agung di kawasan alun alun itu.

Sementera Sri Lestari (44), salah seorang korban pedagang di Pasar klewer menjelaskan, roboh pohon beringin itu akibat hujan angin kecang, pada sekitar pukul 14.45 WIB.

"Saya bersama enam pedagang lain mengetahui pohon itu akan roboh langsung lari menyelamatkan diri. Untungnya aktivitas pasar itu agak sepi, kata Sri.

Namun, lapaknya bersama daganganya hancur berantakan kerena tertimpa pohon itu.

Sementera, lima pedagangan lainnya yang menjadi korban robohnya pohon itu, Seno, pedagang tas, Agus pedangan dumpet, Cipto Wiyono, Untari, Manto dan ketiganya pedagang makanan kecil.

Komandan Satpam Pasar Klewer Solo, pohon peringin yang roboh tersebut berdiri sejak peresmian Pasar Klewer, pada 1985.

"Untung enam pedagang di sekitar pohon berhasil menyelamatkan diri, meski dagangan mereka berantakan," katanya.

Lurah Pasar Klewer, Supriyanto menjelaskan, robohnya pohon besar di depan Pasar Klewer ini, mengakibatkan enam pedagang makanan kecil, buah dan tas berantakan.

Pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surakarta untuk membersihkan batang-batang pohon yang menutup jalan di kawasan Pasar Klewer.

Selain itu, hujan angin juga merobohkan satu pohon Cemara dan pohon kersen di kawasan Alun-alun Utara Keraton Surakarta.

Menurut dia, dalam peristiwa itu tidak sampai ada korban jiwa, tetapi jaringan kabel telepon di Klewer terputus akibat tertimpa pohon.

"Sejak roboh pohon beringinan tersebut, Jalan Dr. Radjiman di kawasan Klewer, macet. Jalan sudah mulai bisa dilewati arus kendaraan sekitar 18.00 WIB. Kami juga belum bisa merinci jumlah kerugian akibat robohnya pohon itu," katanya. (Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010