Tampaksiring (ANTARA News) - Rapat kerja pemerintah yang berlangsung di Istana Tampaksiring membahas sejumlah masalah dari berbagai bidang, hasilnya akan dituangkan dalam bentuk Instruksi Presiden (Inpres).

"Sehingga implementasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai target yang ditetapkan," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana, dalam keterangan persnya usai menyampaikan persiapan rapat kerja nasional di Istana Tampaksiring, Bali, Minggu petang.

Armida menjelaskan dalam rapat kerja yang berlangsung sejak Senin (19/4) hingga Rabu (21/4) dan diikuti oleh seluruh gubernur, menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Ketua DPRD seluruh provinsi, kalangan usaha, dan pimpinan BUMN tersebut membahas empat hal penting yaitu pembangunan perekonomian nasional hingga lima tahun ke depan, evaluasi pelaksanaan program prorakyat, penyebaran program-program yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat secara adil dan juga usaha untuk pencapaian target millenium development goals 2015 mendatang.

"Format acara dilaksanakan dalam bentuk sidang pleno untuk membahas berbagai masalah di bidang ekonomi termasuk pencapaian kinerja ekonomi dan juga dipaparkan berbagai tantangan serta peluang perekonomian nasional lima tahun mendatang," kata Armida menjelaskan tentang salah satu bagian dari rapat tersebut.

Ia menambahkan setelah paparan dari Menko Perekonomian kemudian dibuka diskusi serta interaksi antar-peserta rapat. Sebelumnya presiden akan menyampaikan arahan mengenai hal-hal yang patut diperhatikan dalam bidang ekonomi.

Armida memperkirakan pleno yang membahas pembangunan ekonomi dan berlangsung di hari pertama rapat kerja tersebut akan berlangsung hingga sore hari dan setelahnya pleno ekonomi akan dilanjutkan dengan pleno berikutnya yang membahas mengenai upaya pembangunan kesejahteraan masyarakat secara berkeadilan yang akan dipandu oleh Menko Kesra.

"Dalam kesempatan itu akan dilakukan evaluasi mengenai pembangunan kesejahteraan secara adil dan pleno itu sekaligus sebagai pengantar untuk pelaksanaan rapat kerja hari kedua pada Selasa (20/4)," katanya.

Ia menambahkan, dari proses rapat kerja selama tiga hari tersebut setidaknya akan ada hasil yang kemudian akan dijadikan bahan untuk dikeluarkannya Inpres yang mencakup tiga program yaitu percepatan pencapaian program MDG`s, pelaksanaan program pembangunan kesejahteraan secara adil bagi masyarakat, serta mendorong efektivitas program prorakyat.

Presiden SBY tiba di Bali pada Minggu pagi sekitar pukul 09.50 WITA di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Presiden yang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono langsung meninjau kawasan Jimbaran yang akan digunakan sebagai salah satu akomodasi kegiatan KTT ASEAN pada 2011 dan KTT APEC pada 2013.

Presiden juga meninjau pusat konvensi internasional Bali untuk dua kegiatan serupa. Setelah melakukan peninjauan Presiden kemudian menuju Istana Tampaksiring untuk bermalam dan menyiapkan kegiatan rapat kerja pada hari berikutnya.

Ikut serta dalam rombongan Presiden, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Panglima TNI Jenderal Joko Santoso, Kapolri Jend. Pol. Bambang Hendarso Danuri.

Persiapan untuk pelaksanaan rapat kerja di Istana Tampaksiring sudah dipersiapkan dengan cukup matang termasuk mendirikan media center di lokasi tersebut.

L.P008*h016/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010