Padang (ANTARA News) - Universitas Bung Hatta (UBH) membangun kampus baru di kawasan Padang By Pass Kota Padang, Sumatra Barat, sebagai upaya menampung perkembangan jumlah mahasiswa dan kegiatan akademis serta sebagai upaya mengantisipasi bencana tsunami.

Pembangunan kampus baru itu akan dimulai Kamis (22/4) dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal, kata Rektor UBH, Prof.Dr.Ir. Hafrijal Syandri, M.S., di Padang, Rabu.

Ia mengatakan bahwa pembangunan kampus baru di atas lahan seluas sekitar 10 hektare itu akan menghabiskan dana Rp43,33 miliar. "Ini untuk tahap pertama," katanya menjelaskan.

Pada pembangunan tahap pertama I dibangun satu blok meliputi tiga bangunan, meliputi bangunan dekanat dengan biaya Rp10,88 miliar, bangunan dekanat II dengan dana Rp12,53 miliar, dan bangunan laboratorium dengan anggaran Rp12,53 miliar.

Dari dana pembangunan itu, kata dia, Rp20 miliar di antaranya berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan sisanya pinjaman dari perbankan dan bantuan donatur, baik di Sumbar maupun daerah lain.

Menurut dia, pembangunan kampus Padang By Pass ini secara keseluruhan ditargetkan selesai pada tahun 2020 dan diharapkan dapat menampung jumlah mahasiswa dan kegiatan akademis yang diproyeksikan meningkat dalam sepuluh tahun ke depan.

Ia menproyeksikan pada tahun 2020 jumlah mahasiswa UBH mencapai 11.470 orang, atau meningkat dari 8.584 orang yang terdaftar saat ini.

Keberadaan kampus UBH Padang By Pass, kata dia menegaskan, sekaligus sebagai antisipasi ancaman bencana tsunami karena pusat perkulihan dan akademis kampus saat ini berada di kampus I kawasan Ulak Karang Padang yang berada di pesisir pantai.

Kampus I Ulak Karang masuk zona paling berbahaya (Red Zone) jika terjadi bencana tsunami, sedangkan kampus By Pass berada di kawasan berjarak lebih dari 6 km dari bibir pantai. "Masuk daerah aman tsunami (Yellow Zone)," katanya.

Universitas Bung Hatta merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di Sumatra bagian tengah yang berdiri sejak 1981. Jumlah mahasiswa UBH saat ini tercatat 8.584 orang yang kuliah pada tujuh fakultas dengan 29 program studi. (H014/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010