Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama untuk mendorong perbankan meningkatkan penyaluran kredit ke sektor kelautan dan perikanan.

Kerjasama ini ditandatangani oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhamad, dan Deputi Gubernur BI, Budi Rochadi, di Jakarta, Kamis.

"Sektor perikanan dan kelautan ini adalah masa depan Indonesia, tapi pengusaha dan perbankan masih kecil kontribusinya ke sektor ini," kata Fadel Muhamad.

Menurut Fadel, kredit perbankan ke sektor perikanan dan kelautan saat ini masih kecil sebesar 0,23 persen dari total kredit.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong pengusaha, terutama sektor UKM bisa mendapatkan permodalan dari perbankan.

Sementara Deputi Gubernur BI Budi Rochadi, dalam kesempatan yang sama, mengatakan kerjasama ini mencari jalan keluar agar permasalahan yang dihadapi sektor perikanan dan kelautan saat ini.

Budi mengatakan bahwa kerjasama sebelumnya juga telah dilakukan seperti kegiatan konsultan keuangan agar usaha UKM menjadi "bankable" dan penyusunan pola pembiayaan.

BI mengungkapkan bahwa kredit sektor perikanan hingga akhir 2009 mencapai Rp3,337 triliun atau naik 20,63 persen dibanding 2008 Rp2,767 triliun.

Jika dibanding total kredit yang disalurkan perbankan hanya sebesar 0,23 persen.

Ratio kredit bermasalah (NPL) sektor perikanan sebesar 11,76 persen atau naik dari 2008 sebesar 0,21 persen.
(T.J008/H-CS/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010