Semarang (ANTARA News) - Promotor tinju, Zaenal Thayeb, mengatakan pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, bakal menerima bayaran antara Rp750 juta hingga Rp1,2 miliar saat bertarung melawan Fernando David Saucedo.

"Chris John bisa menerima hal itu karena yang bersangkutan ingin membantu mempromosikan pariwisata di Bali ke dunia internasional," kata Zaenal Thayeb ketika dihubungi dari Semarang, Kamis.

Menurut dia, Manajemen Chris John juga tidak masalah dengan bayaran yang akan diterima petinjunya saat pertarungan di kawasan pantai di sekitar Kartika Plaza, Kuta, Bali, 22 Mei 2010.

Kemudian bayaran yang akan diterima El Vasco (panggilan Fernando David Saucedo), kata dia, sebesar 350 ribu dolar AS atau sekitar Rp350 juta. "Kami juga menyediakan tiket penerbangan bagi Fernando dan penginapan dia selama di Bali juga menjadi tanggung jawab promotor," katanya.

Di samping itu, kata dia, tiket untuk wasit dan Presiden WBA, Gilberto Mendoza Jr juga menjadi tanggung jawab promotor, termasuk penginapan dan uang makan bagi mereka selama di Bali. "Itu memang sudah aturan dari WBA, termasuk akomodasi untuk Chris John dan grupnya," katanya.

Ketika ditanya persiapan untuk mementaskan duel Chris John melawan El Vasco, Zaenal Thayeb yang juga pemilik Sasana Mirah Silver Boxing Camp mengatakan sudah tidak ada persoalan dan sponsor juga sudah mulai masuk.

Menurut dia, kalau persiapan teknis Chris John memang sudah tidak ada masalah dan yang bersangkutan sudah mulai berlatih di Bali.

Ketika ditanya kapan Fernando David Saucedo datang ke Bali, dia mengatakan biasanya satu hingga dua minggu sebelum pertarungan itu berlangsung, yang bersangkutan sudah tiba di Bali.

Ia menjelaskan, dirinya sedang memikirkan kapan tiket penerbangan Argentina-Bali bagi Fernando akan dikirimkan kepada yang bersangkutan.

"Secepatnya akan dikirimkan ke Fernando dan satu hingga dua minggu yang bersangkutan sudah tiba di Bali karena ini untuk penyeseuaian diri bagi dia," katanya.

Kartika Plaza yang akan menjadi tempat pertarungan kedua petinju memang tidak asing bagi Chris John karena saat merebut gelar dunia ad-interim kelas bulu WBA dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon, juga dilakukan di sini.

Hanya, kata dia, kalau dulu di halaman hotel tetapi pertarungan mendatang digelar di kawasan pantai.

(T.H015/M028/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010