Banjarnegara (ANTARA News) - Tim Indonesia berhasil memenangkan dua nomor perlombaan, yakni head to head dan sprint pada Kejuaraan Internasional Arung Jeram "Australasian Rafting Champs 2010" di Sungai Serayu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu.

Dalam babak final nomor head to head untuk putra, Tim Indonesia I (Arus Liar) berhasil menempati posisi pertama dengan catatan waktu satu menit 41,49 detik setelah mengalahkan Slovakia pada posisi kedua dengan catatan waktu satu menit 44,06 detik dengan jarak tempuh sekitar 300 meter.

Persaingan antara kedua tim ini terlihat jelas sejak diberangkatkan dari garis start di Dermaga Randegan, Sungai Serayu, karena Tim Indonesia I melaju dengan cepat mendahului Tim Slovakia.

Menjelang garis finis, Tim Slovakia yang merupakan satu-satunya peserta dari Benua Eropa ini berusaha mendahului Tim Indonesia I.

Akan tetapi, upaya tersebut gagal lantaran Tim Indonesia I terus melaju dengan cepat hingga garis finish di Dermaga Jujugan, Sungai Serayu.

Keberhasilan Tim Indonesia I memasuki babak final ini diperoleh setelah mengalahkan Kazakhstan pada babak semifinal.

Dalam babak semifinal ini, Tim Indonesia I berhasil mencapai garis finish dengan waktu tempuh satu menit 42,89 detik, sedangkan Tim Kazakstan hanya memperoleh satu menit 47,42 detik.

Sementara Tim Slovakia berhasil memasuki babak final setelah mengalahkan Tim Indonesia II (Riam Jeram).

Pertarungan untuk memperebutkan tiket ke babak final antara Tim Slovakia dan Tim Indonesia II berlangsung sangat ketat di bawah guyuran hujan lebat.

Kedua tim ini saling berhimpit di saat mengarungi arus Sungai Serayu yang sangat deras karena pengaruh hujan lebat.

Kendati demikian, Tim Slovakia berhasil mencapai garis finish dengan waktu tempuh satu menit 44,52 detik, sedangkan Tim Indonesia II hanya mencatatkan waktu satu menit 47,91 detik.

Pertarungan hebat juga terjadi pada perebutan posisi ketiga antara Tim Indonesia II dan Tim Kazakstan.

Dalam perebutan posisi ketiga ini, Tim Indonesia II berhasil mencatat waktu satu menit 44,06 detik, sedangkan Tim Kazakhstan hanya satu menit 49,17 detik.

Meskipun Tim Slovakia menempati posisi kedua, negara ini tidak berhak memperoleh penghargaan sebagai juara II lantaran bukan anggota Australasian Rafting Federation.

Keikutan Slovakia dalam kejuaraan ini hanya berpartisipasi sebagai negara peninjau.

Dengan demikian, juara I dalam nomor "head to head" untuk putra ditempati Tim Indonesia I, Juara II diraih Tim Indonesia II, dan juara III diduduki Tim Kazakhstan.

Sementara dalam babak final "head to head" untuk putri, Tim Indonesia I (Kapinis) berhasil mencapai garis finish dengan waktu tempuh satu menit 55,14 detik setelah mengalahkan Tim Indonesia II (Gadisu) yang mengumpulkan waktu dua menit 10,50 detik dengan jarak tempuh sekitar 300 meter.

Keberhasilan Tim Indonesia I memasuki babak final ini diraih setelah mengalahkan Tim Iran pada babak semifinal.

Dalam babak semifinal ini, Tim Indonesia I berhasil mencatatkan waktu dua menit 0,89 detik, sedangkan Tim Iran hanya mengumpulkan waktu dua menit 22,89 detik.

Tim Indonesia II berhasil memasuki babak final karena pada babak semifinal tim ini mencapai finish dalam waktu dua menit 22,28 detik setelah mengalahkan Tim Malaysia yang mencatatkan waktu dua menit 56,89 detik.

Sementara dalam perebutan posisi ketiga, Tim Iran berhasil mengalahkan Tim Malaysia dengan catatan waktu dua menit 19,27 detik, sedangkan tim dari negeri Jiran ini hanya dua menit 37,48 detik.

Dengan demikian, juara I untuk nomor "head to head" putri diraih Tim Indonesia I, juara II ditempati Tim Indonesia II, dan juara III diduduki Tim Iran.

Sebelumnya, dalam nomor "sprint" putra yang digelar Sabtu pagi, Tim Indonesia I (Arus Liar) berhasil meraih juara I dengan catatan waktu satu menit 41,94 detik.

Juara II dalam nomor ini diraih Tim Indonesia II (Riam Jeram) dengan catatan waktu satu menit 44,09 detik meskipun dalam perlombaan, posisi kedua diduduki Tim Slovakia dengan catatan waktu satu menit 44,06 detik.

Kendati dalam perlombaan hanya menempati posisi keempat dengan waktu tempuh satu menit 48,84 detik, Tim Kazakhztan akhirnya berhak meraih predikat juara III.

Dalam nomor "sprint" putri, juara I diraih Tim Indonesia I (Kapinis) karena berhasil mencapai waktu tercepat satu menit 58,64 detik.

Juara II diraih Tim Indonesia II (Gadisu) dengan waktu tempuh dua menit 27,04 detik dan juara III ditempati Tim Iran dengan catatan waktu dua menit 29,20 detik.

Kejuaraan Internasional Arung Jeram "Australasian Rafting Champs 2010" di Sungai Serayu pada Minggu (25/4) akan menggelar perlombaan nomor slalom.

Dalam nomor "slalom" ini, setiap tim akan mengadu ketangkasan melalui gawang sesuai dengan urutan nomor. Ada dua gawang yang harus dilalui dari hulu ke hilir (downstream) dan sebaliknya (upstream).
(KR-SMT/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010