Barcelona (ANTARA News) - Kaka kembali beraksi setelah enam pekan hanya duduk di bangku cadangan akibat cedera dan mencetak gol setelah mendapat umpan dari Cristiano Ronaldo dan membantu Real Madrid untuk tetap menjadi pesaing ketat pemimpin klasemen, Barcelona, dalam ajang Liga Utama Spanyol (La Liga), Sabtu.

Setelah kemenangan Barca 3-1 di kandang atas klub papan bawah Xerez di pertandingan awal hari Sabtu itu, playmaker Brazil Kaka mencetak gol di sisa waktu delapan menit untuk membukukan kemenangan penting 2-1 atas Real Zaragoza yang bermain dengan 10 pemain.

Pemain pengganti Raul mengantar Real unggul terlebih dahulu setelah bermain selama 50 menit dan dalam suatu udara yang panas di stadion Zaragoza, Romareda, bek Matteo Contini dikeluarkan segera setelah ia bertabrakan dengan penyerang asal Argentina Gonzalo Higuain.

Zaragoza yang baru terpromosi, dan kini berada dua poin di atas zona degadrasi yakni di posisi 16, berjuang untuk bisa menyamakan kedudukan 1-1 melalui tembakan Adrian Colunga di menit ke-62 sebelum Kaka menyelamatkan hari itu bagi Real yang melakukan banyak belanja pemain terkenal.

Hasil tersebut mengangkat tim asuhan Manuel Pellegrini itu meraih 86 poin dengan sisa empat pertandingan lagi, selisih satu poin di bawah Barca dan 24 poin di atas tim tempat-ketiga, Valencia, yang juga menang 1-0 di kandang atas Deportivo Coruna berkat tendangan penalti David Villa di menit ke-34.

Kaka, yang menggantikan Fernando Gago pada sisa waktu 15 menit, harus absen beberapa pekan terakhir akibat cedera pada pangkal pahanya.

Absennya dia dalam waktu yang lama itu menimbulkan tuduhan terhadapnya bahwa ia kurang berkomitmen dengan timnya tersebut setelah lepas dari AC Milan dengan biaya transfer kira-kira 67 juta euro ($90 juta) di akhir musim itu.

"Hal terbaik yang dapat saya lakukan ialah dengan menjawab (kritik terhadap saya itu) di lapangan," ujar Kaka, yang akan menjadi pemain penting bagi usaha Brazil untuk menang di Piala Dunia Afrika Selatan Juni mendatang, dalam suatu wawancara televisi pasca pertandingan tersebut.

"Saya minta kepada para penggemar Real Madrid untuk percaya pada cedera saya itu," tambahnya. "Saya tidak terluka (dengan kecaman itu), saya tahu bahwa segala sesuatunya terjadi seperti pada sepak bola."(A016/T009)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010