Jakarta (ANTARA News) - Operasional armada TransJakarta Busway yang sebelumnya sempat terhambat karena kemacetan sejumlah ruas jalan oleh aksi unjukrasa Hari Buruh Sedunia, Sabtu siang mulai kembali normal.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Halte Busway Stasiun Kota, diketahui bahwa transaksi penjualan karcis yang sempat ditutup sementara mulai dibuka kembali.

Sebelumnya, transaksi penjualan karcis sempat ditutup sementara dengan alasan tidak adanya armada bus yang bisa digunakan untuk mengangkut penumpang di halte Stasiun Kota.

"Sebagian besar bus terlambat datang karena terjebak demo hari buruh," kata petugas karcis, Nita Heryani.

Penutupan sementara loket penjualan karcis bus Trans Jakarta Busway di Stasiun Kota sudah terjadi mulai pukul 10.45 WIB.

Namun demikian, karena satu persatu armada mulai berdatangan sekitar pukul 11.30 WIB maka transaksi penjualan karcis mulai dibuka kembali.

Sementara itu, berdasarkan pantauan ANTARA di Bundaran Hotel Indonesia sejak Sabtu pagi, jumlah buruh yang melakukan demonstrasi memperingati Hari Buruh Internasional semakin bertambah.

Sekitar pukul 09.30 WIB, ribuan orang dari berbagai serikat pekerja perusahaan di Jabodetabek bergabung dengan perwakilan buruh dari beberapa daerah di Pulau Jawa, dan langsung berjalan kaki menuju Istana Merdeka.

Dengan membawa poster dan spanduk yang bertuliskan penentangan terhadap kebijakan buruh kontrak, puluhan buruh dari pabrik elektronik JVC ikut berbaur dengan ratusan buruh lain dari perusahaan lain di depan Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat.

Kondisi tersebut telah menyebabkan kemacetan panjang di sepanjang Jl Jenderal Sudirman mengarah ke Jl MH Thamrin.

(T.W004/A041/S026)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010