Jakarta (ANTARA) - Konsumsi muffin bertabur apel dan beraroma kayu manis mungkin bisa menjadi pilihan menu sarapan Anda Senin pagi.

"Muffin biasanya tidak mengandung protein berkualitas tinggi dan sebagai gantinya dikemas dengan karbohidrat yang cepat dicerna dari tepung putih dan gula halus. Tetapi resep muffin kali ini dikemas dengan protein termasuk telur dan Greek yogurt," kata ahli nutrisi " Eliza Savage seperti dilansir dari Livestrong, Minggu.

Selain itu, ada tambahan apel yang penuh dengan serat sehingga membantu Anda tetap kenyang, lalu ada kayu manis sebagai bahan anti-inflamasi dan anti-diabetes.

Berikut resep kreasi Yumna Jawad dalam feelgoodfoodie.net (untuk 12 porsi):

Bahan
1 cangkir tepung serbaguna
¼ cangkir bubuk protein
1 sendok teh baking powder
1 sendok teh soda kue
2 sendok teh kayu manis
¼ sendok teh garam
2 butir telur berukuran besar
½ cangkir Greek yogurt tanpa lemak
½ cangkir saus apel
¼ cangkir sirup maple
1 sendok makan jus lemon
2 cangkir apel kupas, potong dadu

Cara membuat:
1. Panaskan oven sampai 176 derajat Celcius. Lapisi loyang muffin 12 cangkir dengan kertas roti. Campurkan semua bahan kering yakni tepung, bubuk protein, baking powder, soda kue, bumbu, kayu manis dan garam dalam mangkuk besar. Aduk sampai rata.

2. Buat lubang di tengah campuran tepung, tambahkan telur dan yogurt ke dalam adonan.

3. Kocok telur dan yogurt, masukkan sedikit demi sedikit tepung (dalam kocokan telur dan yogurt).

4. Tambahkan saus apel, sirup maple, dan jus lemon ke dalam yogurt dan telur. Kocok hingga tercampur.

5. Aduk adonan sampai semuanya tercampur (tidak apa-apa jika beberapa gumpalan mungkin tertinggal karena pencampuran yang berlebihan akan menghasilkan muffin yang keras).

6. Masukkan potongan apel. Gunakan apel yang sudah dikupas untuk mendapatkan konsistensi terbaik. Sementara apel yang tidak dikupas menambah tekstur, apel yang sudah dikupas membantu adonan melebur dengan baik.

7. Masukkan adonan menggunakan sendok ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti. Panggang selama 25-30 menit. Untuk menguji kematangan, coba gunakan tusuk gigi untuk menusuk adonan. Jika tak ada yang menempel pada tusuk gigi berarti kue sudah matang.


Baca juga: Tips racik jahe, beras kencur dan kunyit jadi lebih modern

Baca juga: Resep sarapan ringkas dan simpel ala chef William Gozali

Baca juga: Resep "hot chocolate bombs" yang viral di tikTok

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020