Erasmia, Afrika Selatan (ANTARA News) - Menu sarapan sosis, daging, dan keju yang biasa disantap pemain-pemain Jerman kini diganti dengan pasta.

Hal ini dilakukan untuk menambah kadar karbohidrat dalam tubuh pemain sekaligus mengkondisikan ritme hidup mereka dengan jadwal pertandingan yang akan dihadapi.

Sarapan karbohidrat diperlukan untuk menambah energi dan pemain-pemain Jerman harus melahapnya tiga jam sebelum pertandingan.

Tim Jerman sepertinya memang harus menggeser kebiasaan melahap sarapan kaya protein mereka demi menyesuaikan diri dengan jadwal pertandingan yang dimulai sejak pukul 13.30 waktu Afsel (18.30 WIB) dimana mereka sebelumnya tidak terbiasa bertanding siang hari.

"Kami sedang berusaha untuk membiasakan diri makan semangkuk pasta pukul 10 pagi," kata manajer tim Jerman, Oliver Bierhoff.

Jerman yang pada pertandingan perdananya di Piala Dunia 2010 tampil mengesankan dengan mengalahkan Australia 4-0 juga mengubah waktu latihan mereka menjadi pukul 13.30.

"Bahkan saat kami mendapat jadwal pertandingan pukul 20.30, sore hari pukul 17.00 saat minum kopi kami juga harus melahap pasta," kata Bierhoff. (*)

A051/S005

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010