Formula 1

Hamilton akan diganjar gelar bangsawan dari Ratu Elizabeth

Hamilton akan diganjar gelar bangsawan dari Ratu Elizabeth

Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton bersama anjing peliharaannya Roscoe melakukan selebrasi setelah mengunci gelar juara dunia ketujuhnya di Grand Prix Turki, Istanbul Park (15/11/2020). ANTARA/REUTERS/Pool/Clive Mason/aa.

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia Formula 1 tujuh kali Lewis Hamilton dilaporkan akan menerima gelar kebangsawanan dari Ratu Elizabeth II sebagai bentuk pengakuan atas capaian yang diraih Hamilton pada 2020.

Dilansir ESPN, Selasa, Hamilton kini telah menyamai rekor gelar juara dunia pebalap Jerman Michael Schumacher. Pebalap Inggris itu bisa memecahkan rekor tersebut jika mampu merebut lagi gelar juara dunia pada musim 2021.

Menurut sebuah laporan di The Times, pebalap berusia 35 tahun itu masuk dalam daftar penghargaan tahun baru Ratu Elizabeth II. Jika demikian, maka Hamilton secara resmi akan menjadi Sir Lewis Hamilton.

Baca juga: Tujuh titel, keberagaman dan masa depan Formula 1 di mata Hamilton

Pebalap tim Mercedes itu sebetulnya sudah pernah masuk daftar sebelumnya. Ia dinobatkan sebagai Anggota Ordo Paling Unggul di Kerajaan Inggris (MBE) setelah kejuaraan pertamanya pada 2008 silam.

Permintaan untuk menjadikannya bangsawan semakin mencuat baru-baru ini saat Hamilton mengklaim gelar keenamnya di Formula 1.

Laporan The Times mengatakan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson secara pribadi juga merekomendasikan Hamilton untuk mendapat penghargaan itu. Boris terkesan atas prestasinya di dalam maupun di luar trek, terutama kepeduliannya terhadap isu rasisme.

Hamilton menjadi satu-satunya pembalap kulit hitam dalam sejarah F1 yang selalu berlutut di setiap balapan musim ini. Ia juga sering mengenakan kaos bertuliskan 'Black Lives Matter' sebagai bentuk protesnya melawan ketidakadilan rasial yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Inggris memiliki 10 juara dunia, tetapi hanya juara dunia tiga kali Jackie Stewart yang mendapat gelar kebangsawanan. Stirling Moss juga dianugerahi gelar serupa untuk karier balapnya yang luar biasa di berbagai kategori kejuaraan, meskipun ia tidak memenangkan di kejuaraan F1.

Baca juga: Mercedes dan Hamilton akan bicarakan kontrak dalam hitungan hari
Baca juga: Rebut titel ketujuh F1, Hamilton katakan perjuangan baru saja dimulai
Baca juga: Perjalanan hidup Hamilton hingga gelar juara dunia ketujuhnya


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cerita kegiatan keseharian Aa Gym, hingga terkonfirmasi positif COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar