Jakarta (ANTARA News) - Pengidap penyakit Lupus di Indonesia jumlahnya semakin banyak dan mereka semakin sulit memperoleh pengobatan.

"Saya sekarang melihat bahwa banyak Odapus (Orang Dengan Lupus) yang semakin berat bagi mereka untuk memperoleh pengobatan," kata Ketua Yayasan Lupus Indonesia Tiara Savitri.

Yayasan Lupus Indonesia (YLI) bekerja sama dengan Perum LKBN ANTARA selaku media partner menggelar Talkshow bertajuk Nothing is Impossible 4 Strong Will yang dihadiri para Odapus, di Gedung Menza jalan Salemba Raya 14 Jakarta.Kegiatan itu untuk memperingati World Lupus Day.

Tiara menambahkan bahwa odapus saat ini sangat merasakan betapa beratnya tanggungan biaya atas pengobatan yang mahal. YLI dalam menyamput World Lupus Day melakukan berbagai kegiatan untuk membentuk motivasi bagi odapus guna saling berbagi pengetahuan dan informasi terkini tentang penyakit lupus.

Berdasarkan data YLI mengenai jumlah odapus saat ini di Indonesia adalah sebanyak 10.114 orang dan keseluruhannya terdaftar di YLI. Tim pendata YLI hanya berjumlah 4 orang dan dalam mensosialisasikan program selalu membawa buku saku yang berisi informasi mengenai penyakit lupus.

SLE (Systemic Lupus Erythematosus) adalah penyakit kronik Autoimun yaitu saat antibodi (kekebalan tubuh) seseorang menyerang jaringan tubuhnya sendiri.(YUD/A038)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010