Srinagar, India (ANTARA News/AFP) - Dua tentara India, dan empat gerilyawan Islam tewas Jumat dalam pertempuran seru setelah satu serangan di Kashmir utara, kata militer.

"Baku tembak itu meletus Kamis petang dan berlanjut sampai malam," kata juru bicara militer J.S.Brar kepada AFP.

Brar mengatakan pertempuran itu dimulai ketika tentara memasuki daerah Rafiabad, sekitar 70km utara ibu kota Kashmir musim panas Srinagar, dalam satu serangan ke satu tempat persembunyian gerilyawan.

"Para gerilyawan menembak tentara yang sedang bergerak ke lokasi itu, menewaskan dua prajurit kami," kata Brar, "dan dalam pertempuran berikutnya empat gerilyawan juga tewas."

Para pejabat keamanan memperingatkan kemungkinan peningkatan aksi kekerasan setelah militer India bulan lalu mengatakan 400 gerilyawan berusaha memasuki Kashmir India dari Kashmir Pakistan.

Aksi perlawanan terhadap kekuasaan India di Kashmir menurut data res menewaskan lebih dari 47.000 orang sejak meletus tahun 1989.

Aksi kekerasan menurun setelah India dan Pakistan melakukan proses perdamaian tahun 2004 tetapi sejak awal tahun 2010 serangan-serangan gerilyawan meningkat.
(Uu.H-RN/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010