Kuala Lumpur (ANTARA News) - Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia kemungkinan akan tampil dengan kekuatan penuh saat bertemu Australia pada pertandingan pertama babak penyisihan grup putaran final Piala Thomas dan Uber pada Minggu (9/5).

"(Soal tim yang akan turun) Baru dibahas nanti malam. Kalau pelatih menghendaki tim terbaik untuk adaptasi lapangan walau bertemu Australia, ya tidak masalah mereka yang turun," ujar manajer tim Thomas Indonesia, Yacob Rusdianto, di Kuala Lumpur, Sabtu.

Baik tim Thomas maupun Uber akan mengawali kejuaraan dunia beregu tersebut dengan sama-sama melawan tim Australia di Putra Stadium, Bukit Jalil, pukul 12.00 waktu setempat.

Karena keesokan harinya akan bertanding siang, pada Sabtu tim Indonesia hanya berlatih sekali. Mereka mendapat kesempatan untuk mencoba lapangan bertanding di Putra Stadium pada pukul 10.00 -12.00 waktu setempat.

"Setelah itu mereka latihan di hotel bersama pelatihnya," ujar Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh.

Jauh-jauh hari para pelatih sudah menyampaikan keinginan untuk langsung menurunkan tim terkuat mengingat babak penyisihan hanya terdiri atas dua pertandingan.

"Dalam satu grup terdiri atas tiga tim sehingga masing-masing tim hanya mempunyai kesempatan bertanding dua kali, karenanya kemungkinan tidak akan menjadi ajang coba-coba," ujar pelatih tunggal putra Pelatnas Agus Dwi Santoso.

Untuk itu Agus mengatakan kemungkinan tunggal putra akan menurunkan tim inti sejak pertandingan pertama.

Dalam turnamen yang akan berlangsung di Kuala Lumpur Malaysia, 9-16 Mei itu, tim Thomas Indonesia berada dalam Grup D bersama India dan Australia. Juara dan runner-up grup lolos ke babak delapan besar.

Selain diperkuat Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro dan Simon Santoso yang sudah beberapa kali bermain dalam kejuaraan beregu, tunggal putra juga membawa serta Dionysius Hayom Rumbaka yang merupakan debutan dalam Piala Thomas.

Rencana menurunkan tim terkuat juga disampaikan pelatih tunggal putri Marleve Mainaky. Mantan pemain tunggal putra nasional itu cenderung untuk menurunkan pemain sesuai dengan peringkat mereka yang tertinggi.

Menurutnya, dengan memasang pemain sesuai peringkat, peluang untuk meraih poin pada tunggal kedua dan ketiga lebih besar.

Tim Putri Indonesia berada dalam Grup B bersama Denmark dan Australia.

Susunan tim yang akan bertanding akan diumumkan empat jam menjelang pertandingan.

Berikut ini perkiraan tim Thomas Indonesia melawan Australia:

Tunggal pertama: Taufik Hidayat v Jeff Tho
Ganda pertama: Markis Kido/Hendra Setiawan v Ross Smith/Glenn Warfe
Tunggal kedua: Sony Dwi Kuncoro v Chad Whitehead
Ganda kedua: Mohammad Ahsan/Nova Widianto v Raj Veeran/Jeff Tho
Tunggal ketiga: Simon Santoso v Stuart Gomez


Prakiraan tim Uber Indonesia v Australia.

Tunggal pertama: Maria Febe Kusumastuti v Leanne Cho
Ganda pertama: Greysia Polii/Meiliana Jauhari v Huang Chia Chi/He Tian Tang
Tunggal kedua: Adriyanti Firdasari v Erica Pong
Ganda kedua: Shendy Puspa Irawati/Liliyana Natsir v Eugenia Tanaka/Kate Wilson Smith
Tunggal ketiga: Maria Kristin v Huang Chia Chi.(*)
(T.F005/I015/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010