Padang (ANTARA News) - Forum Warga Padang (FWK) mengancam melakukan demonstrasi besar-besaran melibatkan ribuan pedagang dan warga jika Walikota Padang, tidak juga merelokasi Pasar Raya Padang sebagaimana telah direkomendasikan DPRD setempat.

Aksi demontrasi ribuan massa itu disebutkan Ketua FWK Padang, Afrizal saat ratusan anggota FWK melakukan unjukrasa ke DPRD Padang di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan, rencana aksi ribuan massa FWK itu akan dilakukan ke Rumah Dinas Walikota Padang, di Jalan Ahmad Yani Padang.

Pada aksi unjukrasa di DPRD Padang, massa FWK selain berorasi juga membawa sejumlah spandukl besar berisi tulisan mengecam Walikota Padang, Fauzi Bahar yang belum juga melakukan relokasi Pasar Raya pasca gempa 7,9 SR 30 September 2009.

Massa FWK kemudian ditemui Ketua DPRD Padang, Zulherman dan Ketua Komisi III Muchlis Sani yang mengajak para pengunjurasa berdiskusi membahas relokasi Pasar Raya Padang.

Dalam diskusi itu, Afrizal menyatakan, FWK akan mendatangkan ribuan orang jika walikota tidak juga menanggapi surat teguran kedua DPRD terkait pelaksanaan relokasi Pasar Raya.

FWK sudah lama bersabar dan ada batasnya, namun walikota seperti tidak peduli terhadap aspirasi agar relokasi pasar segera dilakukan, tambahnya.

FWK juga meminta DPRD mengambil sikap tegas terhadap walikota jika tidak mau dilecehkan pimpinan kota Padang itu. Jika perlu DPRD mengunakan hak legislatif terhadap walikota.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Padang, Zulherman menyatakan, jika, surat teguran kedua DPRD terkait relokasi Pasar Raya tidak juga ditanggapi Walikota, maka dewan akan mengambil sikap melaksanakan hak-hak legislatif.

Meski demikian, tambahnya, persoalan sebaiknya diatasi hanya dengan dialog persuasif sehingga diperoleh keputusan yang menguntungkan berbagai pihak. (H014/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010