Kotabaru (ANTARA News) - Ribuan warga masyarakat Kotabaru, Kalimantan Selatan sejak pukul 10.00 - 12.30 Wita berebut ikan rumah-rumah (peda) bakar yang disediakan pada puncak peringatan hari jadi ke-60 Kotabaru di Taman Siring Laut di Jalan Pangeran Indra Kesuma Negara, Kotabaru.

Sekitar 3.250 kg ikan rumah-rumah bakar ludes hanya beberapa jam sebelum acara makan gratis dimulai pada Sabtu.

"Kami datang sekitar pukul 12.00 Wita namun ikanya sudah habis," kata salah seorang warga, Sugeng.

Menurut dia, sekitar pukul 10.00 Wita ribuan pengunjung mulai menyerbu stan mereka tidak cukup makan ditempat tetapi sebagian membawa bungkusan ikan bakar lengkap dengan lalapan.

Puncak acara peringatan hari jadi Kotabaru masih berlangsung dan acara makan gratis bersama belum dimulai.

Berbeda dengan Mariono warga Baharu Utara Kotabaru itu tidak mendekat ke stan makan gratis karena informasi yang diperoleh makanan sudah habis sekitar pukul 11.00 Wita.

Mariono yang baru beberapa bulan tinggal di Kotabaru mengaku ingin menikmati ikan rumah-rumah bakar dengan gratis namun niatnya itu tidak kesampaian.

Ketua Pelaksana peringatan hari Jadi Kotabaru, H. Ansyar Noor didampingi Bagian Konsumsi Sobari menuturkan, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan memberdayakan ekonomi kerakyatan pemerintah menyediakan sekitar 3.250 kg ikan rumah-rumah.

Ikan rumah-rumah tersebut, lanjut dia, disajikan dalam satu jenis menu yakni menu ikan bakar.

Untuk menghindari rebutan panitia menyediakan 75 stan di Taman Siring Laut yang melibatkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkab Kotabaru, badan usaha milik negara/daerah dan swasta serta instansi vertikal yang ada di daerah itu.
(I022/A019)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010