Solo (ANTARA News) - Komponis kawakan Gesang yang dirawat di ruang Firdaus Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo, mulai Minggu (16/5) dipindah ke ruang ICU karena sakitnya bertambah parah.

"Eyang Gesang masuk rumah sakit Rabu (12/5), tetapi terus Minggu (18/5) dipindah ke ruang ICU karena sakitnya bertambah parah, dan bahkan sempat tidak sadarkan diri, tetapi kondisinya sekarang sudah mulai membaik.Tapi juga masih dirawat di ruang ICU," kata Yani Effendi cucu keponakan gesang yang menunggui di rumah sakit tersebut, Selasa.

Ia mengatakan Eyang Gesang yang tanggal 1 Oktober 2010 genap berusia 93 tahun, kondisinya sekarang ini telah sadar dan sudah mengerti setiap keluarganya yang menengok, tetapi masih tetap dirawat diruang ICU.

"Saya belum mengerti Eyang Gesang mau dipindah keruang perawatan kapan, tetapi yang jelas kondisi kesehatannya sekarang ini sudah tampak membaik. Ya mudah-mudahan cepat dipindah keruang perawatan," kata Yani Effendi.

Gesang meskipun sekarang telah sadarkan diri, tetapi juga masih tampak lemas dan berbaring diruang ICU sambil diinfus dibagian tangannya.

"Ya Eyang Gesang memang tampak lemas dan pucat karena tidak makan beberapa hari dan hanya diinfus," kata Yani Effendi.

Gesang berada di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo ditangani dokter Suryo AT ahli penyakit dalam, dokter Suharto ahli Orologi dan dokter Fanani spesialis Jantung.

"Eyang Gesang sebenarnya kemarin itu hanya mau kontrol, karena merasa mual-mual tidak mau makan, tetapi oleh dokter yang menangani langsung disarankan rawat inap," kata Nur Ariyani cucu keponakan Gesang yang juga menunggui di rumah sakit tersebut.

"Untuk diagnosa sementara dari keterangan dokter yang menangani bahwa Eyang Gesang menderita lemah jantung dan gangguan saluran kencing. Untuk pemeriksaan pertama kemarin juga telah diambil darah dan urien untuk diperiksa dilaboratorium," paparnya.

Pencipta dan pelantun lagu Bengawan Solo, Gesang yang dilahirkan, 1 Oktober 1917, pada hari Selasa (26/1) juga telah menjalani operasi prostat, dirumah sakit yang sama yaitu PKU Muhammadiyah Solo.

Semenjak menjalani operasi prostat tanggal 26 Januari 2010, sebenarnya kondisi kesehatan Gesang tidak ada masalah dan baik-baik saja. "Eyang Gesang masuk rumah sakit lagi ini apa mungkin kecapekan ya, karena akhir-akhir ini kesibukan beliau agak lumayan dan banyak tamu".

Pelantun lagu Bengawan Solo ini untuk setiap harinya sebelum masuk rumah sakit tersebut dirumah mendapat perawatan dari perawat Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo yang datang kerumah di Klemayan, Solo. (*)

J005/R010

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010