Berlin (ANTARA News) - Spanyol menjadi salah satu calon potensial pemohon paket bantuan zona euro senilai 750 miliar euro yang disetujui awal bulan ini untuk membantu anggota Uni Eropa yang terlilit utang, kata seorang menteri Jerman, Rabu.

"Spanyol berada dalam situasi yang sangat sulit, karena itu berpotensi kepepet oleh paket bantuan utang," kata Menteri Dalam Negeri Thomas de Maziere, yang dianggap dekat dengan Kanselir Angela Merkel.

De Maiziere, yang berbicara kepada kelompok koresponden Eropa di Berlin, menggantikan Menteri Keuangan Wolfgang Schaeuble awal bulan ini ketika para menteri keuangan zona euro memperbincangkan paket penyelamatan.

Dengan Schaeuble dirawat di rumah sakit, para menteri berpacu pada 10 Mei untuk mengumpulkan paket satu triliun dolar untuk menangkis kekhawatiran pasar bahwa krisis utang Yunani bisa berpilin di luar kendali dan menyebar ke negara-negara yang terjerat utang lain seperti Spanyol.

De Maiziere juga mengatakan dia tidak ingin "menilai pemerintah asing" dan tidak ingin terjebak pada "pernyataan publik yang memprovokasi situasi yang kami ingin hindari."

Di parlemen Jerman beberapa anggota parlemen juga mulai mengkhawatir Spanyol bisa dalam baris berikutnya untuk meminta bantuan dari mitra zona euro.

"Spanyol bisa menjadi korban berikutnya untuk mencari bantuan" kata anggota parlemen Thomas Silberhorn, seorang anggota Demokrat Kristen Merkel dan komisi parlemen urusan Eropa.

AFP/A026

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010