Tenis

WTA mungkin awali musim 2021 pada 4 Januari di luar Australia

WTA mungkin awali musim 2021 pada 4 Januari di luar Australia

Ilustrasi - logo Asosiasi Tenis Putri Dunia, WTA. ANTARA/Gilang Galiartha.

Jakarta (ANTARA) - WTA sedang merencanakan untuk mengawali musim 2021 pada pekan pertama Januari di luar Australia sebelum para pemain berangkat ke Melbourne untuk menjalani karantina menjelang Grand Slam Australian Open, kata kepala WTA Tour Steve Simon kepada Reuters.

Australian Open tampaknya akan diundur dari jadwal semula dimulai pada 18 Januari karena Tennis Australia (TA) masih melanjutkan pembicaraan dengan pemerintah setempat mengenai protokol COVID-19 yang akan ditetapkan di Melbourne Park.

Negosiasi mengenai kapan para pemain tiba di Australia dan apa yang boleh mereka lakukan selama 14 hari masa karantina telah tersendat selama beberapa pekan terakhir, namun Simon yakin turnamen tersebut akan berlangsung.

Baca juga: Tur Tenis putri ubah kategori turnamen menyamai ATP
Baca juga: Andreescu pastikan kembali berkompetisi di musim 2021


"Australian Open, kami perkirakan akan berlangsung," katanya melalui sambungan telepon dari Amerika Serikat yang dikutip Reuters, Jumat.

"Tentu saja Australian Open akan datang dengan masa karantina untuk memasuki Australia sehingga menimbulkan tantangan sekitar bulan Januari.

"Kami sekarang sedang melihat mudah-mudahan mendekati penyelesaian dalam pekan depan atau lebih, kemampuan untuk menggelar beberapa event pada pekan 4 Januari untuk mengawali tahun."

Menyusul masa karantina di Australia, tur telah merencanakan event singkat di Australia, termasuk Grand Slam pertama, sebelum kembali sedekat mungkin dengan kalender biasanya, tambah Simon.

Baca juga: Panpel tunggu pemerintah izinkan peserta Australian Open berlatih
Baca juga: Pemain batal ikuti Australian Open jika tak boleh latihan


Biasanya kedua tur profesional mengawali musim di Australia, dan pada 2020 WTA mempunyai event di Brisbane, Shenzen dan Auckland yang dimulai pada 6 Januari.

Baik China maupun Selandia Baru, seperti Australia, mempunyai langkah-langkah kesehatan yang ketat bagi kedatangan internasional untuk membendung risiko import kasus COVID-19 dan tampaknya tur harus mencari negara lain untuk mengawali musim 2021.

Simon mengatakan WTA sedang bekerja sama dengan anggotanya dan Tennis Australia untuk memantapkan rencana.

"Saya pikir kita ke tempat yang baik lagi dan kita akan bisa mengawali tahun dan kemudian beralih ke Australia dan kemudian menjalani tahun yang hebat," kata Simon menambahkan.

Baca juga: Djokovic berharap Australian Open dihadiri penonton
Baca juga: Roger Federer pulih dan bidik Australian Open

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Hana Goda, gadis Mesir juara dunia tenis meja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar