Semarang (ANTARA News) - Pertarungan antara pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, melawan penantangnya, Fernando David Saucedo (Argentina) digelar minggu ketiga Juli 2010.

Promotor tinju pertarungan tersebut, Zaenal Thayeb, ketika dihubungi dari Semarang, Sabtu, mengatakan untuk kepastian pelaksanaannya harus berkoordinasi dengan sebuah stasiun televisi nasional yang akan menyiarkan pertarungan kedua petinju.

"Kita perkirakan minggu ketiga Juli mendatang, tetapi untuk kepastiannya harus koordinasi kembali dengan RCTI terlebih dulu," kata Zaenal Thayeb pemilik Sasana Mirah Boxing Camp tersebut.

Pertarungan The Dragon (julukan untuk Chris John) melawan El Vaszo (julukan Fernando David Saucedo) seharusnya digelar hari ini atau Sabtu (22/5) di Bali, tetapi diundur hingga Juli mendatang karena Chris John mengalami cedera bahu kiri saat latihan dengan teman mitra tanding, Willem Kickett.

Pengunduran pertarungan tersebut sudah dialami Chris John untuk yang kedua kalinya. Sebelumnya saat Chris John akan menghadapi Rocky Juarez di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Pada saat itu Chris John yang sudah berlatih di Amerika Serikat beberapa waktu akhirnya pertarungan tersebut mundur karena suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati, tersebut sakit.

Akhirnya pertarungan kedua petinju dilaksanakan 28 Febuari 2009 dan berakhir dengan hasil imbang 114-114 kemudian pertarungan mereka diulang lagi di Las Vegas, Nevada, 19 September 2009, dan Chris John menang dengan angka mutlak.

Ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut, Senin (24/5), rencananya berangkat ke Australia untuk menjalani latihan di Sasana Herry`s Gym di Perth di bawah asuhan pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian.

Latihan di Negeri Kanguru itu dilaksanakan selama sebulan kemudian sisa waktu dilanjutkan latihan di Indonesia hingga menjelang pertarungan melawan El Vasco.

Chris John sudah 12 kali mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sejak merebutnya dari petinju Kolombia, Oscar Leon, di Bali 2003.

Dari 12 pertaringan tersebut, lima kalah melalui pertarungan wajib atau "mandatory fight" dan terakhir saat mengalahkan Horoyuki Enoki di Tokyo, Jepang, 24 Oktober 2008, serta tujuh kali pertarungan pilihan atau "choice".

Pertarungan pilihan terakhir yang dijalani Chris John adalah saat menang dengan angka mutlak atas petinju Amerika Serikat, 19 September 2009, dengan promotor Golden Boys Promotions (GBP) milik mantan petinju dunia, Oscar de la Hoya.(*)
(T.H015/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010