Oslo (ANTARA News/AFP) - Petugas penyelamat mengungsikan sekitar 600 wisatawan dan awak dari kapal pesiar Jerman yang berlabuh di sebuah teluk sempit Norwegia, Minggu, setelah ruang mesinnya terbakar.

"Terjadi kebakaran di kapal MS Deutschland. Api semula berasal dari ruang mesin (dan) panasnya menyebar sedemikian rupa sehingga perlu untuk mengungsikan hampir semua orang dari kapal itu ke darat," kata Per Fjeld, juru bicara dinas penyelamatan regional, kepada AFP.

"Kami sejauh ini belum memperoleh laporan mengenai korban yang terluka," tambahnya.

Ketika kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.00 GMT (pukul 17.00 WIB), 607 orang berada di kapal itu, yang mencakup 364 penumpang, 334 diantaranya warga Jerman, 241 orang awak dan dua pilot Norwegia, kata Fjeld.

Penumpang-penumpang lain berkewarganegaraan Australia, Republik Ceko, Hongaria, Israel dan Jepang.

"Saya baru mendengar bahwa semua penumpang telah berada di darat," kata juru bicara itu menjelang pukul 14.00 GMT (pukul 21.00 WIB), dengan menambahkan bahwa beberapa orang awak penting tetap berada di kapal, dimana petugas pemadam kebakaran sibuk mengatasi kobaran api.

Kapal pesiar Jerman itu bersandar di Teluk Hardanger yang pemandangannya indah, di pelabuhan kota kecil Eidfjord, tidak jauh dari kota terbesar kedua Norwegia, Bergen, di pantai barat.

"Kami menggunakan pompa dan selang air untuk berusaha mendinginkan lambung kapal," kata Fjeld.

Ia menambahkan, masih terlalu dini untuk mengatakan berapa besar kerugian yang diderita kapal itu. (M014/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010